Pj Gubernur Sumut Berikan Bonus Rp3,1 Miliar untuk Atlet Penyandang Disabilitas yang Berprestasi Internasional

Sumut2147 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memberika tali asih Rp3,1 Miliar kepada atlet-atlet penyandang disabilitas. Tali asih diberikan kepada para atlet yang meraih prestasi di Asian Paragames ke-4 dan Asean Paragames XII.

Ada tujuh atlet yang berhasil meraih prestasi di Asian Paragames ke-4 tahun 2023 di Hangzou dan 16 atlet di Asean Paragames 2023 di Kamboja. Selain itu, juga diberikan bonus kepada pelatih senilai Rp175 juta untuk kedua event internasional tersebut.

“Kami dari pemerintah akan mendorong dan mendukung penuh, dan berpartisipasi untuk memajukan atlet-atlet difabel kita, apalagi dalam waktu dekat kita akan menjadi tuan rumah Peparnas, mudah-mudahan ini menjadi penyemat bagi atlet-atlet difabel kita,” ujarnya di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Jumat 5 April 2024.

Hassanudin berharap kepada para atlet penyandang disabilitas agar bisa meraih prestasi yang lebih baik di Peparnas 2024. Event nasional tersebut, menurut Hassanudin, menjadi sangat penting karena Sumut, akan menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Ketua National Paralimpic Committee (NPC) Indonesia Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan, atlet Sumut meraih 8 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu di Asian Para Games 2024. Sedangkan untuk Asean Para Games atlet Sumut meraih 20 medali emas, 17 perak dan 12 perunggu.

Pada Asian Para Games cabang olahraga catur menyumbangkan delapan medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dan atletik menyumbangkan 2 perak dan 1 perunggu. Di Asean Para Games cabor Atletik menyumbang 12 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu, catur menyumbangkan 5 emas, 10 perak dan 7 perunggu. Kemudian angkat berat 1 perak 2 perunggu, Judo 3 emas dan voli duduk 1 perak.

“Apresiasi dari Gubernur kita luar biasa, tentu ini akan menjadi motivasi bagi kita semua untuk berlaga di level internasional mapun nanti Peparnas di tahun ini,” kata Alan Sastra Ginting.

Saat ditanya terkait persiapan untuk Peparnas 2024, Alan Sastra Ginting memastikan atlet-atlet Sumut siap memberikan yang terbaik. “Secara umum kita sudah siap, tinggal nanti atlet-atlet yang berpotensi meraih banyak medali kita lebih fokuskan lagi,” terang Alan Sastra Ginting.

Turut hadir pada penyerahan bonus ini, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Aris Lubis, serta jajaran Dispora Sumut. Hadir juga pengurus NPCI Sumut, atlet-atlet peraih medali di kedua ajang internasional tersebut (Asian Para Games 2023 dan Asean Para Games 2023. (R1)

Komentar