Polres Tanah Karo Gelar Pemeriksaan Psikologi Bagi Pemegang Senpi Dinas

Karo1059 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Polres Tanah Karo laksanakan pemeriksaan psikologi bagi personil pemegang dan calon pemegang Senpi Dinas, bertempat di Ruang Zoom Meeting Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (7/9/2023).

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA, melalui Waka Kompol Aron Siahaan, S.H, didampingi Kabag SDM Kompol Kesmart Purba, S.H, saat membuka kegiatan, menyampaikan bahwa setiap anggota Kepolisian yang akan dan memegang senjata api harus melalui proses ujian ini.

“Tes psikologi wajib bagi calon maupun personil yang telah memegang senjata api, apabila dalam tes psikologi ini terdapat anggota yang tidak memenuhi syarat, maka tidak boleh memegang senjata api,” ujar Waka.

Penggunaan senpi dinas, Waka menambahkan harus sesuai dengan prosedur yang diatur, “Tidak ada senjata dipegang personil tanpa dokumen yang resmi, sesuai dengan rekomendasi dan hasil psikologi yang memenuhi syarat,” tegasnya.

Diharapkan dengan diadakan pemeriksaan Psikologi dapat menjaring anggota yang memang dianggap pantas, layak dan memenuhi syarat untuk memegang senjata api.

“Pemeriksaan Psikologi sangat penting dilakukan guna menguji kemampuan para personil yang akan memegang Senpi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, sekaligus untuk menilai dan mengetahui tingkat emosional para anggota Kepolisian dalam menggunakan senjata api,” ungkap Waka Kompol Aron Siahaan,

Selain personil Polres Tanah Karo, personil Polsek/ta jajaran juga turut mengikuti kegiatan tersebut.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengukur Psikologis serta mental personil Polri khususnya jajaran Polres Tanah Karo yang akan dan menggunakan senpi dinas untuk menghindari terjadinya pelanggaran pelanggaran yang dapat merusak citra institusi Polri, sehingga tidak ada tindakan penyalahgunaan dalam penggunaan senpi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Psikologi dari Bag psi Biro Ops Polda Sumut, yang di koordinir Kompol Zulhafni, S. Psi, M. Psi, Kasubbag Psipol Bag Psi Ro Sdm. (R1)

Komentar