oleh

Populer dan Kaya Raya, 8 Rapper Ini Tetap Rampungkan Studi hingga Raih Gelar Sarjana

Jakarta, Karosatuklik.com – Amenjadi musisi dan rappaer populer ternyata tak menutup kemungkinan untuk tetap meraih prestasi akademik. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh deretan rapper yang meraih gelar sarjana meski sudah mencapai puncak popularitas berikut ini

Bagi para rapper berikut ini, pendidikan menjadi hal penting yang harus diselesaikan. Meski sudah mencapai popularitas dan memiliki harta belimpah, para rapper berikut tetap merampungkan studi mereka hingga meriah gelar sarjana.

Berikut deretan rapper yang meraih gelar sarjana walaupun sudah populer.

1. J Cole

J Cole sudah mengenal musik rap sejak umur 12 tahun, pada umur 15 tahun sudah membuat musik pertamanya. Bisa dikatakan bahwa hidupnya sudah untuk musik sejak kecil. Kecintaannya pada musik rap nggak melunturkan dirinya untuk mengenyam pendidikan.

Ketika pindah ke New York, pria dengan nama lahir Jermaine Lamarr Cole melanjutkan pendidikan tinggi di St. John’s University dan mengambil jurusan komunikasi. Ia juga salah satu mahasiswa yang mendapatkan beasiswa pada saat masih . Nggak tanggung-tanggung juga, pelantun lagu Middle Child ini berhasil lulus dengan predikat magna cum laude.

 

2. Childish Gambino

Childish Gambino atau Donald Grover merupakan salah satu multi talenta di . Ia menjadi rapper dengan baju Childish Gambino dan Donald Grover sebagai standup comedian. Dalam kariernya sebagai rapper, ia sudah mengeluarkan lima mixtape, tiga album studio dan satu EP.

Childish Gambino sebenarnya sudah terjun di dunia hiburan sejak lama sebagai penulis naskah di stasiun TV. Kemampuan menulis naskah ini didapatkan pada waktu kuliah jurusan dramatic writing di New York University’s Tisch School of the Arts. Dan pelantun lagu This Is America lulus pada tahun 2006 silam.

3. Talib Kweli

Rapper dengan nama Talib Kweli Greene sudah dikelilingi dengan keluarga dengan lingkungan akademik. Ibunya adalah professor Bahasa Inggris, ayahnya merupakan administrator dan adiknya laki-laki seorang professor hukum.

Walau menjadi rapper, ia tetap menyelesaikan pendidikan jurusan teater di New York University.
Selain eksis di dunia hiburan, Talib memiliki lembaga bernama Nkiru Center for Education and Culture yang menaungi bidang literasi dan kebudayaan. Lembaga ini menyediakan akses pendidikan bagi warga Brooklyn.

4. Ludacris

Sebelum terkenal lewat peran Tej Parker di warabala Fast and Furious, Ludacris sudah terjun di industri hiburan sebagai rapper. Pria dengan nama lahir Christopher Brian Bridges sudah mengenal musik rap sejak usia kanak-kanak.

Kariernya di dunia hiburan mulai terbuka ketika ia mengenyam pendidikan manajemen musik di Georgia State University. Disanalah ia mendapatkan berbagai peluang mulai dari siaran radio sampai masuk industri musik sebagai rapper.

5. David Banner

<> at The Forum on December 9, 2017 in Inglewood, California.

David Banner memiliki nama lahir Lavell William Crump. Rapper kelahiran 11 April 1974 ini telah masuk industri hip-hop sejak tahun 1995. Yang menjadikan ia berbeda dengan rapper lainnya adalah pernah mencicipi studi S2.

Sebelum menempuh studi magister, David Banner telah menempuh pendidikan sarjana di Southern University. Berikutnya ia melanjutkan studi magister pendidikan di University of Maryland Eastern Shore, tetapi nggak diselesaikan karena fokus pada musik.

6. Chuck D

Chuck D merupakan leader dari grup rap Public Enemy, salah satu grup rap yang mengusung tema sosial politik. Diluar kehidupan sebagai rapper, ia juga aktif menyuarakan isu-isu sosial. ia berada di peringkat 12 untuk kategori Top 50 Hip-Hop Lyricists of All Time, oleh The Source

Keberhasilan sebagai rapper juga berimbas pada bidang akademik dengan memperoleh gelar sarjana di bidang desain grafis di Adelphi University. Waktu jadi mahasiswa, Chuck D memulai langkah pertama menuju dunia musik.

7. Phonte

Sebelum memulai karier sebagai rapper, Phonte terlebih dahulu menempuh kuliah bahasa inggris di North Carolina Central University dan lulus dengan predikat magna cum laude. Selama kuliah, ia bertemu dan membentuk grup rap bernama Little Brother bersama dua temannnya yaitu Big Pooh dan 9th Wonder.

8. Ice Cube

Ice Cube lahir dengan nama O’Shea Jackson, anggota dari grup rap N.W.A yang berasal dari Comton, California. Dalam karyanya, N.W.A selalu mengangkat tema sosial politik yang mereka alami dan rasakan di lingkungan mereka sehari-hari. Selepas dari N.W.A, Ice Cube tetap nge-rap dan terjun dunia film sebagai aktor.

Dulunya, Ice Cube pernah mengambil kuliah arsitektur di Phoenix Institute of Technology. Rencana ini dipakai sebagai cadangan jika nggak berhasil sebagai rapper. Dalam sebuah wawancara, ia terbantu untuk merancang kariernya ke depan karena pola pikir arsitektur yang didapatkan semasa kuliah.

Itulah deretan rapper yang meraih gelar sarjana meski sudah populer dan kaya raya. (suara.com)

Komentar