PT Hutama Karya Pasang 3.704 Smart Lamp di Jalan Tol Trans Sumatera

Nasional637 x Dibaca

Palembang, Karosatuklik.com – PT Hutama Karya (Persero) memasang 3.704 smart lamp di sejumlah ruas tol yang dikelola sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera. Pemasangan lampu itu merupakan salah satu upaya perusahaan melakukan optimasi pelayanan pada pengguna tol.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo kemudian menjelaskan lebih jauh soal pemasangan Penerangan Jalan Umum (JPU) berupa lampu pintar terdapat di ruas di Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Tol Pekanbaru – Dumai, Tol Medan – Binjai dan Tol Sigli – Banda Aceh tersebut.

Ia membeberkan keunggulan smart lamp yaitu fitur pengaturan otomatis dan pemantauan jarak jauh yang sangat mempermudah pengoperasian tol. “Penggunaan LED membuat lampu ini lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu konvensional,” ujarnya, Rabu, 22 Nopember 2023. .

Penggunaan smart lamp di Asia Tenggara khususnya Indonesia masih belum banyak digunakan. Padahal di negara lain seperti Amerika Serikat, Jerman, Jepang kata Tjahjo sudah lebih dulu diterapkan.

Melalui Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden No. 131 Tahun 2022, pemerintah memberi amanat kepada Hutama Karya untuk membangun dan mengembangkan Jalan Tol Trans-Sumatera.

Jalan tol ini akan menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.840 km dan tahap I akan beroperasi penuh pada 2024.

Tjahjo menjelaskan, sistem jaringan jalan merupakan kebutuhan mendasar untuk menghubungkan masyarakat dan perniagaan dengan pekerjaan, layanan, pasar, mengurangi biaya logistik, dan merangsang pertumbuhan industri di Indonesia. Menjawab kebutuhan tersebut, pemerintah menempatkan konektivitas tinggi sebagai salah satu prioritas utama.

Sumatera memainkan peran penting dalam perekonomian negara karena dianugerai beragam potensi alam dan komoditas berlimpah, mulai dari karet, minyak kelapa sawit, kopi, minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

(Foto: Penggunaan teknologi smart lamp pada ruas jalan tol yang dikelola Hutama Karya – Dok. Hutama Karya). (Tempo.co)

Komentar