Thailand dan Vietnam Resmi Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Malaysia di Ujung Tanduk!

Sepakbola, Sport1921 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Golden Star Warriors julukan Timnas Vietnam dan Gajah Perang julukan Timnas Thailand resmi gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Padahal, sebelumnya Thailand dan Vietnam merupakan wakil Asia Tenggara yang biasa melaju jauh di ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Thailand tercatat lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Sementara itu, Vietnam melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Namun, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Thailand maupun Vietnam gagal lolos ke babak ketiga. Vietnam harus rela finis di posisi tiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan koleksi enam angka.

Vietnam terpaut empat angka dari Timnas Indonesia di posisi dua. Finis di posisi dua Grup F membuat Timnas Indonesia ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Sekaligus mengunci tempat di Piala Asia 2027.

Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- sejatinya masih akan bersua Irak dini hari nanti di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun, sekalipun menang atas Irak, koleksi angka Vietnam takkan bisa menyamai Timnas Indonesia.

Bagaimana dengan Thailand? Thailand tersingkir secara dramatis. Theeraton Bunmathan dan kawan-kawan finis di posisi tiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan koleksi 10 angka.

Raihan itu sama persis dengan China di posisi dua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Thailand gagal lolos karena kalah head-to-head dari China.

Sejatinya, selisih gol menjadi tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama. Namun, berhubung selisih gol Thailanddan China sama-sama 0, head-to-head yang dijadikan tolok ukur selanjutnya.

Hasilnya China unggul head-to-head atas Thaialnd dan berhak lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bagaimana dengan Malaysia?

Malaysia menang 3-1 atas Taiwan. Kemenangan itu membuat Malaysia menyamai poin Kirgistan yang berada di posisi dua Grup D dengan 10 angka. Namun, Malaysia kalah jauh dalam hal selisih gol, yakni (0) berbanding +6 milik Kirgistan. Malaysia baru akan lolos jika Kirgistan kalah selisih tujuh gol dari Oman dini hari nanti. (Foto: Timnas Thailand gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia/REUTERS). (OkeZone)

Komentar