Tiga Tahun Karosatuklik.com, Terus Melaju Mencerdaskan dan Menginspirasi

Catatan Redaksi41753 x Dibaca

Pada pembuka tulisan ini menjadi gambaran beragam rasa optimistis yang menggelayut di angan. Layaknya pagi, setiap insan dan mahkluk di muka bumi ini selalu merindu, menginginkan sesuatu yang lebih bermakna dari periode lampau.

Begitu juga pagi, yang selalu kangen menyapa warganya. Setiap malam tiba, pagi juga tak kuasa menahan rasa segera menyamai langkah dengan tabir surya membuka cakrawala dunia, menyapa dengan keriangan dan arah jiwa yang mengekspresikan kebisaan serta pendorong ke arah konstruktif serta berpikir positif.

  • Sarjana Purba
  • Sutrisno Pangaribuan
  • KEPALA PUTR karo
  • Kapolres Tanah Karo
  • Kepala BNN Karo
  • HUT karosatuklik Dinkes
  • Metehsa Purba
  • Adison Sebayang
  • KARUTAN
  • REHJORENA BR PURBA

 

Tiga Tahun Jatuh Bangun dan Tidak Ada Nyala Lilin..

Informasi yang inspiratif dan terpercaya memperkuat optimisme selalu menjadi kunci dan pegangan kami.

Sebagai portal media online yang hadir di tengah derasnya arus informasi melalui media online, Karosatuklik.com telah memberikan warna baru dalam jurnalisme media online di Indonesia.

Terbit perdana, 20-08-2020 Pukul 08.00 WIB, berbagai konten yang ada di Karosatuklik.com untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang berkualitas dan objektif. Termasuk informasi yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi dari berbagai daerah di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Hal ini ini sejalan dengan peran jurnalis dengan medianya yang sangat penting dalam penyampaian informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat, demikian pula sebaliknya untuk dari masyarakat kepada pemerintah.

Jujur kami mengakui, ternyata dalam tiga tahun ini, tak semudah membalik telapak tangan memacu jantung dapur redaksi untuk terus bergerak melaju berbagai tantangan kerap jadi sandungan untuk dapat melangkah. Media ini tertatih, merangkak pelan hingga jatuh bangun.

Tidak mudah memang bergelut dengan peran jurnalis profesional ditengah tantangan yang ada. Namun ditengah himpitan dan hadangan tantangan yang cukup berat, media ini terus melaju menjalankan fungsi informasi dan jurnalistik beretika.

Tuntutan menyajikan berita yang berimbang, independen dan akurat serta bertanggung jawab terus diemban selaras menghadirkan informasi yang inspiratif dan terpercaya memperkuat optimisme merupakan salah satu elemen penting dalam upaya kita membangun daerah menuju Indonesia maju.

Persaingan pasar media online yang sangat keras serta sulitnya berkompetisi dengan portal media mapan di level Sumatera Utara, tidak membuat surut semangat redaksi.

Walau terbilang muda dan masih sangat hijau di dunia jurnalis, media ini dapat diterima masyarakat. Terbukti jumlah pengunjungnya cukup tinggi bahkan diluar ekspektasi jajaran redaksi untuk sekelas media berbasis daerah di Kabupaten Karo, rata-rata pengunjung perhari 3.000 – 4.000 per hari. Sejak terbit hingga sekarang sudah dikunjungi hampir empat juta lebih (data detik perdetik jumlah pengunjung tertera di bagian bawah media ini).

Grafik persentasi pembaca terus naik turun, bahkan pernah juga anjlok. Beragam tantangan menjalankan kemudi mengabarkan informasi memacu dapur jantung redaksi terus berdenyut untuk maju menyapa pembacanya.

Manfaat utama dari kehadiran media pers, termasuk kehadiran media Karosatuklik.com, adalah menjadi forum dialog publik sebagai alat bagi terlaksananya proses demokrasi guna terwujutnya pembangunan masyarakat dan daerah.

Di era digital yang deras dengan arus informasi yang beragam, peran pers yang bertanggung jawab dan mencerdaskan, bak sebuah lagu, “dibenci tapi juga dirindu” disatu sisi menjadi sorotan, tapi juga dibutuhkan.

Dibawah Naungan PT Karo Media Star

Catatan Pimpinan dan Penanggungjawab Redaksi: Robert Tarigan, SH

Kami ada semata karena kepekaan. Ketika sebuah peristiwa, sebuah perkara, layak untuk disampaikan, menarik, dan sebisa mungkin membuka wawasan. Ketika kegembiraan, tragedi, yang tersembunyi, dan yang terbuka perlu untuk diketahui. Kami hadir untuk mengabarkan.

Dalam melalulintaskan informasi, kami lebih mengutamakan keakuratan data yang dapat dipertanggungjawabkan dari pada kecepatan semata.

Kami sangat menjaga agar media jurnalistik siber tidak menjadi follower media-sosial dalam hal menyajikan informasi yang tidak kredibel, apriori, hoax dan provokatif.

Mengingat di era disrupsi dewasa ini, jati diri pers nasional sedang diuji apakah dapat menampilkan informasi dan wacana yang lebih beradab dibandingkan dengan media sosial

Sebagai sarana transformasi ide dan gagasan, Karosatuklik.com terus menempa dirinya ditengah perkembangan teknologi komunikasi yang pesat dan masif serta berpacu menjadikan dirinya sebagai refrensi utama bagi pembacanya.

Media digital Karosatuklik.com merupakan media digital dibawah bendera PT. Karo Media Star yang sudah terdaftar di Kemenkumham RI dan satu satunya media digital lokal yang sudah memiliki SIUP dari Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pertama kali kami hadir menyapa pembaca, 20 – 08 – 2020 dari Kantor Redaksi Jalan Pahlawan No 23 Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumatera Utara. Dalam usia kami yang dua tahun saat itu, 20 – 08 – 2022, kami menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus kami perbaiki untuk bisa lari lebih kencang lagi mengabarkan informasi.

 

Disaat serba sulit, akibat sengatan tajam dampak wabah Covid-19 hampir terasa di semua lini kehidupan, kami sangat merasakan kegundahan warga. Banyak kisah pilu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat ketika itu.

Perayaan HUT media ini saat itu, kami lewatkan begitu saja, tidak ada lilin yang menyala, karena dalam situasi pandemi Covid-19 dan beragam tantangan yang menghimpit media ini. Namun saat itu kami mengusung tema “Bersatu Lawan Covid-19” sebagai bukti kepekaan.

Ketika sebuah peristiwa, sebuah perkara, layak untuk disampaikan, menarik, dan sebisa mungkin membuka wawasan. Ketika kegembiraan, tragedi, yang tersembunyi, dan yang terbuka perlu untuk diketahui. Kami hadir untuk mengabarkan. “Itulah lilin yang kami nyalakan hingga saat ini. Ya, sebuah kepekaan dan peran kecil.”

Jujur, masih sebagian kecil yang bisa kami ekspose untuk menggugah hati dan membuka mata pengambil kebijakan agar mempedulikan mereka yang terhimpit, sedang susah hingga menjerit.

Dengan doa dan harapan pandemic ini dapat kita taklukkan dengan cara bergotongroyong, saling peduli dan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, tidak berkerumun dan berjemur di pagi hari menikmati hangatnya fajar bumi pertiwi.

Lelah boleh, nyerah jangan. Saatnya kita butuh peran. Peran yang Mampu Menjadi Jawaban. Peran yang bisa kita susun dengan langkah kecil dan sederhana namun nyata adanya.

Peran yang bukan hanya dapat sekedar memberi jawaban namun juga peran yang mampu menjadi jawaban, itulah peran kecil yang kami berikan di usia yang masih belia.

Namun diluar dugaan, di usia yang masih muda itu, sebuah kebanggaan dan apresiasi yang luar biasa bagi kami di Redaksi, patut kami ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya bagi 4 juta pembaca kami.

Sedikitpun kami tidak menyangka total pengunjung Karosatuklik.com dengan tagline “Inspiratif dan Terpercaya” sudah 4 juta lebih. Dan rata-rata per hari dikunjungi 3.000-an lebih hingga 4.000-an. Namun turun lagi ke angka 2.000-an pembaca per hari. Naik lagi diluar ekspektasi diatas 10 ribuan per hari. Turun lagi. Hal ini tentunya menjadi energi positif dan pelecut semangat bagi kami di tengah segala kekurangan dan keterbatasan kami di masa sulit ini.

Walau kami menganggap sebagai ‘media kampung’ lagi-lagi, kami tidak menyangka, mendapat kepercayaan relis berita dari Podomoro, Bank Permata, maskapai Lion Air, Pt Nestle, Palang Merah Internasional, sejumlah merek ternama smartphone dan dunia otomotif hingga sejumlah Walikota dan Bupati di Sumatera Utara hingga sejumlah tokoh dan elit politik nasional.

Media ini juga mendapat support dari Amerika, Brazilia, Belanda, Thailand, Malaysia dan sejumlah kota besar hingga beranda depan Indonesia.

Dibalik itu, perlu juga kami ungkapkan, teguran pahit dan nyaris ‘disengketakan’ 150 Euro, dari Belanda, akibat ketidaksengajaan redaksi, dan kami menyadari kekeliruan dan minta maaf.

Kami senantiasa hadir mengusung visi mencerdaskan sebagai keharusan menyajikan tulisan-tulisan karya jurnalistik yang jernih (clear), mencerahkan (enlighten), berwawasan (insightful), memiliki konteks (contextual), terkini (faktual), serta dapat dipertanggungjawabkan.

Kami mengembangkan jurnalisme damai, mencoba menawarkan solusi dan menjadi media yang memberi warna baru dengan mengedepankan keunggulan kearifan lokal tapi berwawasan global.

Seluruh pemberitaan yang dipublikasi oleh Karosatuklik.com, senantiasa berprinsip dan berpedoman pada undang-undang pers, serta kode etik jurnalistik.

Dimana, keseimbangan pemberitaan (coverbothside) berdasarkan fakta dan nara sumber, menjadi satu hal yang wajib dilakukan oleh seluruh reporter yang ditugaskan untuk melakukan peliputan.

Karosatuklik.com berupaya konsisten memenuhi keinginan pembaca dengan menjaga kualitas fitur/konten lokal dengan lebih dalam dan lebih segar sebagai kekuatannya.

Disaat jatuh bangun, beruntungnya Redaksi dibantu orang-orang muda yang konsisten mendorong media terus bergerak melaju. Jantung redaksi yang dipacu Web Developer, Designer, & Editor, Satria Paulus Kaban, S.Kom, Erdy Pranata Barus, S.Kom dan Agape Timotius Sembiring, S.Kom hingga hari ini kami terus hadir dan menyapa pembaca kami.

Memasuki mileneum baru, berkomunikasi kembali melalui tulisan adalah salah satu agenda sentral peradaban manusia.

Begitu banyak ide cerita bersliweran di depan kita yang bisa dipungut dan digali untuk kemudian dikompilasi menjadi suatu cerita baru yang sama sekali berbeda.

Ide bisa muncul tanpa kita duga dari keseharian yang sangat rutin. Bagi saya, kalau ide ini muncul, haruslah segera dicatat, apakah pada secarik kertas, atau pada status di facebook. Biar tidak lupa. Itulah sebabnya, saya sering membuat status di facebook yang nampaknya tidak relevan dengan situasi pada hari itu.

Wartawan bisa dikatakan seperti mata dan telinga para pembaca-nya, tidak sekedar hak untuk tahu, lebih mendasar lagi hak untuk menerima informasi dengan benar. Banyak tantangan dan dinamika yang mengiringinya dalam melalulintaskan berita dan informasi demikian rupa agar dapat diketahui untuk siapa saja. Karena memiliki akses yang luas untuk mendapatkan informasi yang ada, maka siapa saja akan dapat ikut serta dalam setiap proses pengambilan putusan yang bermakna secara politis, secara kritis, dan cerdas.

Sedikit pesan kepada pembaca kami yang memiliki hobi menulis. Rosihan Anwar, jurnalis legendaris Indonesia yang juga menulis sejumlah buku pernah mengatakan menulis bukan hanya menelurkan karya fiksi seperti novel, cerita pendek (cerpen), atau puisi. Menulis berita juga pekerjaan mengolah kata. Bedanya, fakta adalah ruhnya.

Seiring berjalannya waktu menjadi wartawan senior dan pengusaha bidang media, Dahlan Iskan pendiri perusahaan koran raksasa Jawa Pos Group yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Beberapa judul buku yang pernah ditulis Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini antara lain Ganti Hati (2008), Karmaka Surjaudaja: Tidak Ada Yang Tidak Bisa (2009).

Mereka menjadi sosok inspiratif bagi kaum muda lainnya untuk semangat berkarya dan mengabadikan nama. Seperti kata Pramoedya Ananta Toer, ‘Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Ada sebuah kutipan dari seorang sastrawan legend Indonesia, Pramoedya Ananta Teor yang ikut menguatkan alasan saya menulis. Dia pernah berkata, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah pekerjaan untuk keabadian.

Terdapat nalar dan logika di sana. Terpenuhi hubungan sebab akibat yang secara langsung atau tidak langsung. Mari jadikan setiap tulisan lebih jernih dan bermakna.

Sekilas Sosok Pemimpin Redaksi:

Belajar jurnalistik di SKM Senior, SKH Merdeka Bersama Rakyat, berkarir 18 tahun di Harian Andalas dan Online Andalas hingga meniti karir sebagai Pimpinan Redaksi dan Penanggungjawab media online Karosatuklik.com.

  1. Pernah meraih wartawan terbaik 3 lomba karya jurnalistik Kabupaten Karo.
  2. Wartawan terbaik 1 Sumatera Utara Harian Andalas.
  3. Anggota PWI Sumatera Utara
  4. Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kategori wartawan muda dan sudah terdaftar di sertifikasi wartawan di web Dewan Pers RI.
  5. Meraih penghargaan dari Pemkab Karo dalam mitra pemberitaan bencana erupsi vulkanik Gunung Sinabung dan pandemic Covid-19.
  6. Mengikuti tour jurnalistik Malaysia dan Thailand
  7. Lulus seleksi dua kali (2020 dan 2021) dari Sumut untuk program Forum Jurnalistik Perubahan Perilaku (FJPP) Covid-19 se Indonesia kerjasama BNPB (Satgas Nasional Covid-19) dan Dewan Pers RI.
  8. Dilantik jadi Advokat 28 Juni 2022 di Gedung Pengadilan Tinggi Medan.
  9. Sudah banyak menulis karya jurnalistik maupun opini yang kritis dan konstruktif. Jurnalisme yang baik mendidik orang dan memberi mereka kemampuan untuk membentuk opini mereka sendiri
  10. Sebagai penyiar CBS Evening News, saya mengakhiri siaran malam saya selama hampir dua dekade dengan pernyataan sederhana: “Dan begitulah adanya.” Bagi saya, itu merangkum cita-cita tertinggi seorang wartawan: untuk melaporkan fakta-fakta seperti yang dia lihat, tanpa memperhatikan konsekuensi atau kontroversi yang mungkin terjadi. —Walter Cronkite.

Kini, di usia tiga tahun tepat pada hari ini, Senin 20-08-2023 media Karosatuklik.com akan terus melaju menebarkan semangat optimisme, mencerdaskan dan menginspirasi. Layaknya pagi datang sisihkan malam menyambut mentari pancarkan sinarnya hangatkan bumi. Semua kehidupan bangun dari tidurnya. Untuk semuanya memulai hari sesuai porsi. (R1)

Komentar