Tol Trans Sumatera di Atas Lembah Rampung Bulan Depan, Begini Progresnya

Sumut623 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Hutama Karya (Persero) tengah menuntaskan pembangunan tol pada ruas Bangkinang-Pangkalan tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 kilometer (km).

Progresnya telah mencapai 88,58% dan ditargetkan rampung konstruksinya pada Desember 2023. Ruas yang menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera ini dibangun di atas lembah.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau T Juliansyah menjelaskan tol yang merupakan bagian dari ruas Pekanbaru-Padang tersebut bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar utamanya di sekitar pintu masuk dan keluar tol. Dalam proses pembangunan ruas jaan tol ini Komisi V DPR RI selalu mendorong agar pembangunan berjalan cepat dan minim kendala

“Komisi V DPR RI sangat mendorong di dalam RDP-RDP. Alhamdulillah untuk Riau lahannya bisa bebas lebih cepat. Sehingga konstruksinya juga bisa dipercepat. Dan sejauh ini saya tidak melihat ada kendala yang signifikan,” katanya dalam keterangannya, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyampaikan apresiasi atas kualitas pekerjaannya. Hal ini dikatakan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) KomisiV DPR RI di Kapupaten Kampar, Prov. Riau, Kamis (16/11/2023) lalu.

“Tadi kita lihat bersama-sama dan saya kira bagus pekerjaannya, diharapkan dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat,” terangnya.

Sebagai informasi Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) merupakan Jalan tol yang menjadi bagian dari jaringanJalan Tol Trans Sumatrayang akan dilengkapi dengan jembatan layang yang dibangun di atas lembah yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Pembangunan dikerjakanoleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya Infrastruktur dengan biaya investasi senilai Rp 4 Triliun.

Turut hadir pada kesempatan yang sama Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Johannes Wahyu Kusumosusanto, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah I Boby Ali Azhari,Balai Wilayah Sungai Sumatera III Pekanbaru Sahril, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Riau Abdul Halil Kastella, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Zubaidi, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Kepulauan Riau Fani Dhuha.

(Foto: Tol Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) dilengkapi dengan jembatan layang di atas lembah/Foto: dok. PT Hutama Karya). (R1/Dtc)

Komentar