Ungkap Kasus Perampokan Wisatawan Prancis, Warga dan Polisi Dapat Penghargaan dari Kapolres Tanah Karo

Karo2347 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Kepolisian Resort (Polres) Tanah Karo menggelar upacara pemberian penghargaan kepada Personel Polres Tanah Karo yang berprestasi dalam melaksanakan tugas dan juga kepada masyarakat yang turut membantu tugas kepolisian di Aula Pur Pur Sage Tantya Sudhirajati Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (24/04/2024).

Penghargaan ini dalam rangka pengungkapan kasus curas 365 yang dialami korban wisatawan asing warga negara Perancis, yang terjadi beberapa waktu lalu di Objek Wisata Air Terjun Sipiso Piso Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

Upacara pemberian penghargaan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, dan turut dihadiri seluruh PJU dan personel Mapolres Tanah Karo.

Saat memberikan arahan, Kapolres mengatakan, keberhasilan dalam pengungkapan kasus ini, sedikit berbeda dikarenakan adanya keterlibatan langsung masyarakat yang turut membantu tugas kepolisian.

“Suatu kebanggan bagi kami, jajaran Polres Tanah Karo bersama masyarakat telah berhasil melakukan pengungkapan kasus pencurian dengan kekerasan terhadap wisatawan asal Prancis di objek wisata Air Terjun Sipiso piso,” ucapnya.

Menurut AKBP Wahyudi, dalam harkamtibmas, peran serta masyarakat sangat penting, semua pihak bertanggung jawab dalam menciptakan kamtibmas yang baik di wilayah masing masing, jadi masyarakat untuk tidak beranggapan bahwa tugas pemeliharaan kamtibmas itu semata mata tugas dari Polri. “Tanggung jawab kita semua, tapi kami juga berkomitmen, bahwa kami akan selalu hadir ditengah masyarakat,” kata mantan Kapolres Dairi itu.

“Dan kami sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah turut membantu dalam pengungkapan kasus yang menjadi atensi publik ini,” lanjutnya.

Dan kepada personel Polri yang telah bekerja keras dalam pengungkapan, Kapolres juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya,.”Selaku pimpinan, saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah bekerja mulai proses evakuasi korban hingga pengungkapan terhadap pelaku,” tuturnya.

Melalui kasus ini, AKBP Wahyudi berharap, kiranya semua personel untuk dapat lebih memacu semangat dan meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas pokok yakni melindungi, mengayomi dan melayani serta menegakkan hukum secara adil.

Adapun sebanyak 17 personel, yakni 3 perwira dan 14 bintara menerima penghargaan dari Kapolres Tanah Karo, satu diantaranya Kasat Reskrim AKP Arham Gusdiar, SIK, MH, yang memimpin langsung pengungkapan kasus tersebut.

Dan untuk masyarakat yang menerima penghargaan sebanyak 13 orang, yakni Kepala Dusun (Kadus), Desa Bandar Tongging, Irwan Kawali Sitanggang dan Jatendra Sihaloho, Polen Damanik, Feprianto Sihaloho, Majid Simanjorang, Yman Munthe, Boy Mansius Simbolon, Junnes Munthe, Horas Sihombing, Alwi Ranto Parhusip, Poltak Risky Munthe, Pramuda Lingga serta William Gulo.

Seperti diketahui penyelamatan seorang turis asal Prancis, Carola Andreo alias Zoe (52), yang sempat dikabarkan hilang saat berwisata di lokasi wisata Air Terjun Sipiso Piso, Desa Pengambatan, Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Sabtu (06/04/2024).

Gabungan Tim dari Polres Tanah Karo, Ditreskrimum dan Ditreskrimsus Polda Sumut berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan yang dialami korban turis asal Perancis, Carola Andreo alias Zoe (52), yang terjadi di Lubuk Air Terjun Sipiso piso Desa Pengambatan, pada Sabtu (06/04/2024) sekira Pukul 11.15 WIB.

Proses pencarian dan evakuasi korban dari TKP ke lokasi yang aman, dikatakan Kapolres AKBP Wayudi cukup memakan waktu. Hingga akhirnya pada Minggu (07/04/2024) Pukul 07.00 WIB, korban berhasil dilakukan evakuasi.

“Selanjutnya, korban dibawa ke RSU Kabanjahe untuk dilakukan penanganan secara intensif oleh tim medis,” lanjut dia.

Kurang lebih 5 hari dalam upaya penyeldikan, pelaku berhasil ditangkap di rumah orang tua pelaku di Desa Bandar Tongging Kecamatan Merek, Jumat (12/04) Pukul 20.00 WIB. Saat penangkapan tersebut, pelaku juga mencoba melarikan diri sehingga petugas langsung mengambil tindakan tegas terukur terhadap pelaku. (R1)

Baca Juga:

  1. Sempat Diserang OTK, Turis Asing Asal Prancis Berhasil Dievakuasi Polres Tanah Karo
  2. Penyerang Turis Prancis di Air Terjun Sipiso-piso Ditangkap: Melawan, Kaki ‘Dihadiahi’ Timah Panas!
  3. Satreskrim Polres Tanah Karo Amankan Komplotan Pelaku Spesialis Bongkar Villa di Siosar, 3 Pelaku Ditangkap, 3 Lagi Buron!
  4. Berikan Penghargaan kepada Warga Tongging yang Berjasa dalam Pencarian Turis Asal Prancis di Sipiso-piso, Cory Sebayang: Sapta Pesona Wisata Harus Dimantapkan!
  5. Nekat Jualan Sabu di Kabanjahe, Warga Tanjung Balai Terpaksa Berlebaran di Sel Polres Tanah Karo

Komentar