Wujudkan Pemerintah Daerah Berbasis Data, Pemkab Karo Gelar Pembinaan Statistik Sektoral

Karo2100 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com -Bupati Cory Sriwaty Sebayang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos secara resmi membuka Pembinaan Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo bertempat di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Selasa (26/03/2024)

Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral diadakan dalam rangka lebih mengenal bagaimana peran masing-masing perangkat daerah dalam penyelenggaraan statistik sektoral yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dalam sambutan Bupati Karo yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Karo, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menghimbau kepada seluruh peserta agar meningkatkan pemahaman dan kompetensi dalam menghasilkan data yang berkualitas sehingga dapat dijadikan bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur.

Untuk itu, kita lakukan pembinaan ini agar data yang dimiliki berkualitas agar Indonesia memiliki satu data yang sama. Data memiliki peran yang sangat penting karena perencanaan implementasi dan evaluasi pelaksanaan pemerintahan memerlukan data dan perumusan kebijakan di daerah juga bergantung pada informasi dan data tersedia, ucapnya.

Penyelarasan data, imbuh Bupati lagi, memiliki tantangan tidak mudah, salah satunya karena adanya ketidakselarasan antara Instansi yang mengeluarkan data sehingga indikator yang sama memiliki data yang berbeda karena berasal dari 2 (dua) sumber yang berbeda. “Untuk itu, pembinaan statistik sektoral sangat penting,” jelasnya.

“Semoga melalui kegiatan ini, kita dapat lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang berkualitas untuk dapat dijadikan bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur,” ujar Asisten Administrasi Umum.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Karo, Ratna Uli Naibaho menegaskan bahwa penyempurnaan satu data Indonesia tingkat Kabupaten Karo ini sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan data dibeberapa penyelenggara kebijakan.

“Bagaimana agar data Statistik dapat dikumpulkan dalam satu web dan dapat dibagi pakaikan dengan Instansi lain dengan syarat data tersebut berkualitas. Tantangan satu data Indonesia harus bersama berkolaborasi diwujudkan agar tidak terjadi lagi ketidakselarasan data, ” ujarnya.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karo, Frans Leonardo Surbakti, S.STP dan Kepala BPS Kabupaten Karo, Ratna Uli Naibaho. (R1)

Baca Juga:

  1. Buka Pembinaan Statistik Sekoral, Bupati Cory Sebayang Sebut Data Memiliki Fungsi Strategis Dalam Pembangunan
  2. Dihadiri Ketua DPRD Sumut, Bupati Cory Sebayang Pimpin Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kabupaten Karo 2023
  3. Wujudkan Satu Data Indonesia: Diskominfo Karo Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Komentar