2 Hari Jelang Pemilu Serentak 2024, Bupati Karo Minta Jaga Harmoni dan Kerukunan Umat Beragama

Karo1725 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwary Sebayang meminta seluruh elemen masyarakat, terutama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan (Ormas), insan Pers untuk terus menjaga dan merawat kerukunan antar umat beragama menjelang pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

“Mari kita terus rawat kebersamaan, kerukunan antar umat beragama. Kita harus tetap harmonis, apalagi menjelang tahun politik, yakni pemilihan umum serentak tahun 2024,” imbau Bupati.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Karo itu, mengungkapkan pentingnya saling menjaga, menghormati dan saling bertoleransi antara satu dengan yang lainnya. “Kita harus menjaga kerukunan umat beragama, kita harus memahami dan mengerti orang lain, serta saling menerima,” harap dia kepada Redaksi Karosatuklik.com, usai memonitor situasi lapangan jelang Pemilu di Kabanjahe dan Berastagi, Minggu (11/2/2024).

Ia juga meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Karo ntuk menjadi stabilisator.

Bukan tanpa alasan, Cory Sebayang mengatakan, 2 hari jelang pemilu 14 Februari mendatang, tensi politik semakin tinggi dan suasana semakin panas.

“Sebagai warga negara dan sebagai pamong, TNI/Polri, dan aparat sipil diharapkan menjadi role model, menjaga netralitas, memberi kesejukan dan pencipta stabilitas jelang pemilu 2024 baik pilpres maupin pileg,” katanya.

Yang terpenting, lanjut Cory Sebayang, adalah menjaga kedamaian, kesejukan dan ketenangan di hari tenang, sebab pilihan tidak mungkin semua sama, saling menghormati pilihan berbeda, yang paling penting jaga dan rawat situasi kondusif.

Dia pun menyatakan bahwa menjaga kondusivitas bukan hanya tanggung jawab Polri dan TNI saja, melainkan tanggung jawab bersama.

Menurut Cory Sebayang, menjaga suasana kondusif dan menjaga keamanan wilayah merupakan hal yang penting. Karena membangun bangsa perlu adanya ketenangan, ucapnya.

Memilih Dengan Hati Nurani

“Mari kita memilih dengan hati nurani dengan memilih calon-calon pemimpin yang bisa mewakili kita, orang yang peduli keluh kesah rakyat, orang yang bisa menyuarakan aspirasi dan program-program yang kita butuhkan dan harapkan untuk 5 tahun kedepan,” kata dia lagi.

Pesta Demokrasi 2024, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya serta dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan NKRI, khususnya bagi Kabupaten Karo, lanjutnya.

Ingat falsafah budaya Karo, “Merga Silima Tutur Siwaluh Perkade kaden Sepuluh Dua Tambah Sada Rakut Sitelu”, bahwa kita semua Kade-kade (kita semua adalah bersaudara dan keluarga besar Kabupaten Karo),” ungkap Bupati.

Dengan spirit kearifan lokal, Saya yakin kita mampu merajut keberagaman dan merawat kebhinnekaan untuk pemilu damai, aman, tertib dan kondusif, lanjutnya.

“Hal tersebut dapat tercapai jika seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat mampu menjaga stabilitas, suasana yang aman dan tertib, oleh karena itu, dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya insan Pers sangat dibutuhkan dalam upaya untuk menyukseskan jalannya Pemilu serentak 2024, Khususnya di Kabupaten Karo,” pesannya. (Redaksi1)

Komentar