Buka Musrembang RKPD 2025, Bupati Cory Sebayang Sebut Karo Maju, Berkelanjutan dan Mejuah-juah

Karo1685 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Karo Tahun 2025 -2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Mikie Holiday Hotel dan Resort Berastagi, Jumat (1/03/2024).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas dan menyusun rencana pembangunan daerah.

Pada kesempatan kali ini Musrenbang RPJPD Kabupaten Karo tahun 2025-2045 dipadukan dengan Musrenbang RKPD Kabupaten Karo tahun 2025.

Turut hadir, Pj Gubernur Sumut Hassanudin yang diwakili oleh Inspektur Provsu, Lasro Marbun, Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, MSi, dan Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, seluruh Kepala OPD dan Camat jajaran Pemkab Karo, insan Pers, serta perwakilan Forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa visi Kabupaten Karo yang dituangkan dalam RPJPD Kabupaten Karo tahun 2025-2045 adalah Karo Maju, Berkelanjutan dan Mejuah-juah.

“Sekilas saya sampaikan bahwa visi yang dituangkan dalam rencana RPJPD adalah Maju dan berkelanjutan merupakan wujud sinkronisasi terhadap perencanaan nasional dan provinsi, sedangkan Mejuah-juah adalah makna lokal karo yang mempunyai makna masyarakat karo yang memiliki keseimbangan dan keselarasan hidup,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Karo bersama dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan, setelah sebelumnya kita melaksanakan forum konsultasi publik, Musrenbang desa/kelurahan dan kecamatan, serta forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah.

“Di setiap tahapan, telah dilakukan pembahasan dan penajaman terhadap program, kegiatan dan sub kegiatan tahun 2025 guna memastikan dokumen perencanaan yang disusun benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Karo dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin yang diwakili Inspektur Provsu, Lasro Marbun, menyampaikan, pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif; Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur Yang berkelanjutan; Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Yang Berkualitas dan Inovatif.

“Terwujudnya Sumatera Utara Hebat diperlukan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, Kabupaten/Kota, perguruan tinggi, swasta dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hal penting dalam mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta hasil Musrenbang Desa/kelurahan dan kecamatan.

Selanjutnya, DRPD Karo menekankan pada saat penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan RPJMD Kabupaten Karo beberapa waktu yang lalu, bahwa arah pembangunan yang direncanakan harus sesuai dengan arah pembangunan baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Musrenbang RKPD Tahun 2025 haruslah menampung dan mewujudkan pokok-pokok pikiran DPRD Karo dalam program kerja perangkat daerah dan mendorong agar instansi terkait dapat meningkatkan salah satunya Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar tercapainya seluruh program yang bertujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” kata Iriani Tarigan.

Penghargaan Indeks Inovasi Daerah

Dalam acara ini juga diserahkan penghargaan Indeks Inovasi Daerah (IID) kepada Perangkat Daerah terpilih yang merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Karo dengan mengedepankan inovasi dalam setiap pembangunan khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat.

Terintegrasi dengan pelaksanaan Musrenbang juga dilaksanakan rembuk stunting yang bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rencana kerja penurunan stunting serta membangun komitmen pemerintah daerah dan stakeholders terkait.

Pantauan Jurnalis Karosatuklik.com, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang didampingi Pj Gubernur Sumut Hassanudin yang diwakili Inspektur Provsu, Lasro Marbun, Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, MSi, dan Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, memukul gong tanda Musrenbang secara resmi dibuka. (R1)

Baca Juga:

  1. Buka Forum Lintas Perangkat Daerah RKPD 2025, Bupati Cory Sebayang Sebut Fokus Pemantapan Daya Saing
  2. Kabupaten Karo Sebagai Tuan Rumah Pra Musrenbang RKPD Sumut Tahun 2025, Bupati Cory Sebayang Apresiasi Pemprovsu
  3. Wakil Bupati: Forum RPJPD Harus jadi Sarana Rumuskan Cita-cita Kabupaten Karo 2045

Komentar