oleh

Bupati Karo Terkelin Brahmana : Wartawan Garda Terdepan Pembangunan

-Karo-210 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo , SH, MH menyebutkan tidak ada kemajuan suatu daerah tanpa wartawan. Maka tidak mengherankan, Pemerintah Kabupaten Karo menjadikan pers sebagai garda terdepan dalam menyukseskan program strategis berbasis digital.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Wakil Bupati Cory Seriwaty Sebayang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo, Drs Kamperas Terkelin Brahmana, MSi, dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Karo, Frans Leonardo Surbakti, SSTP, Jumat siang (23/1/2021) di rumah dinas Wakil Bupati Karo Jalan Veteran Kabanjahe.

Bupati Karo menekankan hal itu saat silaturahmi dan syukuran   2021 Wakil Bupati Cory Seriwaty Sebayang dengan wartawan se Kabupaten Karo.

Menurut Bupati Karo, Terkelin Brahmana, tanpa wartawan tentunya penyebaran informasi tentang penyelenggaraan pemerintah tidak terbuka untuk publik. Kritikan menjadi energi yang positif dan motivasi kami bekerja.

Bupati Karo Terkelin Brahmana  Wartawan Garda Terdepan Pembangunan

“Oleh karena itu, saya mengapresiasi peran wartawan dalam pembangunan daerah dalam penyebarluaskan informasi secara benar dan konstruktif kepada masyarakat,” ujarnya.

Untuk meningkatkan SDM jurnalis, Pemkab Karo melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Karo melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersumber dari APBD Kabupaten Karo 2020 di Berastagi belum lama ini dengan menghadirkan nara sumber dan tim penguji dari dan .

Baca Juga :  Pintu Gerbang Bagian Utara Danau Toba, Kementerian PUPR Diminta Memperlebar Jalan Menuju DTW Tongging

Oleh karena itu, imbuh Bupati, media massa dan wartawan harus menjadi garda terdepan dalam memberikan kontribusi pada pembangunan di Kabupaten Karo.

“Pengalaman kami selama ini sama Ibu Cory, kami banyak mengetahui keluhan masyarakat dari media dan setelah tahu langsung melakukan kroscek dan menindak lanjutinya apa yang menjadi keluhan masyarakat. Wartawan ini diibaratkan seorang dokter spesialis yang selalu fokus pada salah satu penyakit sesuai dengan keilmuannya dan kemampuannya,” sebutnya.

“Oleh karena itu, media massa baik online maupun cetak dan elektronik sangat memberikan kontribusi positif dan produktif terhadap kelangsungan pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat daerah ini,” katanya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana  Wartawan Garda Terdepan Pembangunan

Senada dimpaikan Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang, selain silaturahmi dan sebagai syukuran tahun baru acara dengan mengundang teman-teman wartawan yang sehari-hari bertugas meliput sekaligus untuk mempererat kemitraan antar pemerintah dengan insan pers, kata Cory Seriwaty Sebayang yang juga terpilih dalam Pilkada 2020.

Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan atas dedikasinya mengawal segala proses Pilkada mulai dari awal hingga akhir.  Saya berjanji akan terus menjaga jalinan tali silaturahmi ini sebutnya.

Baca Juga :  Hujan Deras, Presiden Jokowi Tinjau Lumbung Pangan NTT

Jangan Membanding bandingkan

Lebih jauh Cory Seriwaty Sebayang, mengatakan, mari kita saling mendukung membangun Kabupaten Karo lebih baik lagi.  “Selama ini sudah baik, tapi kita buat lebih baik lagi. Saya hanya melanjutkan yang sudah dikerjakan bapak Bupati Terkelin Brahmana,” tuturnya.

Saya setuju dengan apa yang telah disampaikan Bapak Bupati tadi, jangan pernah membanding bandingkan Bupati yang sekarang dengan sebelum-sebelumnya, demikian juga diantara kami, jangan dibanding-bandingkan, pesannya.

“Harapan saya pemberitaan yang disampaikan wartawan bisa memberikan edukasi atau pencerahan kepada masyarakat. Terlebih di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” kata Cory sembari mengingatkan agar wartawan juga menjadi contoh penegakan protokol kesehatan.

Ia menambahkan, peran wartawan dalam menyampaikan sebuah informasi sangat strategis. Sehingga, pemberitaan yang disampaikan wartawan harus benar-benar akurat.  “Selama ini kemitraan pemerintah daerah sudah terjalin sangat baik dengan wartawan kedepan akan kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Karo, dan Pakpak Bharat, Justianus Purba didampingi Wakil Ketua Robert Tarigan, SH, Wakil Sekretaris Panitra Nedy Tarigan, Drs Daniel Manik dan Sonri Purba mengatakan sepakat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten  Karo dalam membangun daerah ini demi kepentingan masyarakat secara menyeluruh.

Baca Juga :  Wakil Bupati Karo Cory Sebayang : Posko Tangguh di Terminal Type B Kabanjahe Untuk Mencegah Virus Corona

“Kami juga mengapresiasi terlaksananya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Pemkab Karo belum lama ini sukses kita gelar di Berastagi. Kedepan agar lebih ditingkatkan lagi,” ujar Justianus Purba.

Turut memberikan sambutan Aston Sembiring dari Persadaan Jurnalis Tanah Karo (PJTK), Pelita Monald Ginting dan Tambar Sembiring dari Koswari Kabupaten Karo. Acara yang penuh keakraban dan kekeluargaan itu dikemas dengan pembacaan puisi oleh Mawar Br Ginting dan Rekro Tarigan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana  Wartawan Garda Terdepan Pembangunan

Objektif dan Membangun

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, menyebutkan, profesi wartawan adalah profesi strategis dalam mengawal setiap kebijakan pembangunan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Selama masa pandemi, peranan media telah memberikan kontribusi besar yang senantiasa dibutuhkan dan menjadi bagian yang tak boleh luput terhadap upaya peningkatan partisipasi publik guna mencegah penularan di Kabupaten Karo,” katanya.

Pemerintahan Kabupaten Karo selalu terbuka dan sangat mengarapkan kritik yang sifatnya objektif dan membangun guna kemajuan daerah kita ke depannya. Kami juga mengharapkan agar para insan jurnalis dalam membuat berita tidak sepihak namun selalu cek and balancing agar informasi yang disampaikan berimbang dan jelas, pesan Sekda. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait