Bupati Samosir Lepas Start ToTik, Atlet 12 Negara di Event Trail of the Kings Zero Edition

Sumut2056 x Dibaca

Samosir, Karosatuklik.com – Kabupaten Samosir menjadi tuan rumah Event Internasional Trail Of The King Zero Edition 2024, diikuti pelari Internasional dari 12 Negara. Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan secara resmi melepas bendera start untuk kategori 27 K dan 50 K dari Water Front Pangururan, Sabtu (4/5/2024).

Event ToTK diikuti 700-an pelari dari tingkat lokal, nasional dan Internasional, berlangsung selama 2 hari, 4-5 Mei 2023. Peserta dari Luar Negeri yang hadir diantaranya, Malaysia, India, Belanda, Norwegia, USA, Mesir, China, Singapura, Kenya, Jerman, Jepang. Lomba dibagi 4 kategori yaitu 5K, 10K, 27K dan 50 K.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengapresiasi penyelenggaraan ToTK oleh BPODT di Kabupaten Samosir. Sebagai daerah wisata yang sudah sukses dalam penyelenggaraan event berskala internasional, Vandiko berharap ToTK dapat menjadi ajang promosi untuk Pariwisata Samosir yang lebih menggeliat. “Kabupaten Samosir memiliki geopark dan juga budaya, ini menjadi daya tarik tersendiri dalam event ini,” kata Vandiko.

Ditambahkan, kesuksesan event Jetsky World 2023 menjadi pemantik event internasional lainnya, sudah membuktikan bahwasanya Samosir memiliki potensi sebagai tempat pelaksanaan sport tourism.

Vandiko menyampaikan, Kabupaten Samosir siap dijadikan sebagai tempat untuk pelaksanaan event internasional dan berharap berbagai event dapat berkelanjutan.

“Kami dari Pemkab Samosir komit untuk menjaga kelestarian alam, juga budaya yang menjadi daya tarik, didukung masyarkat yang welcome menyambut wisatawan,” ucap Vandiko

Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan menyampaikan bahwa Kabupaten Samosir memiliki keunikan dan keindahan Samosir memiliki ciri khas tersendiri dan potensial untuk penyelenggaraan ToTK, ditambah dengan keberadaan water front yang mampu menampung ribuan peserta.

“Lari lintas alam dengan keunikan alam dan budaya ada di Samosir. Kita harapkan event ini menjadi event tahunan di Danau Toba dan tempat yang lebih potensial ada di Samosir,” ucap Jimmy. (R1)

Komentar