Hadiri Pelantikan Pengurus DPC Papdesi Kabupaten Karo, Bupati: Jaga Solidaritas dan Sinergitas untuk Memajukan Desa

Karo1186 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang hadiri Pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Aparatur Prmerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Karo Masa Bakti 2023-2028 di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting, Selasa (28/11/2023).

Tujuan dibentuknya dan dilantiknya Kepengurusan DPC Papdesi Kabupaten Karo berfokus pada advokasi dan pengembangan kebijakan yang berkaitan dengan desa, melalui advokasi, Papdesi dapat menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi pemerintah desa di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional baik melalui eksekutif maupun legislatif yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Dalam arahan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyambut baik atas terselenggaranya acara ini, karena ini merupakan wadah berkoordinasi dan berkonsultasi untuk meningkatkan pengetahuan terhadap undang-undang desa, keterampilan mengerjakan tugas-tugas teknis serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Dengan meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah desa diharapkan terciptanya tata pemerintahan desa dan pelaksanaan pembangunan secara mandiri dan dapar dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Memiliki Semangat Besar untuk Memajukan dan Mensejahterakan Warga Desa

Bupati Cory Sriwaty Sebayang berharap agar seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Karo dapat bekerja dengan jujur, transparan, bersih dan bertanggung jawab sehingga pelaksanaan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik.

Disampaikan juga, bahwa peran dan tanggung jawab aparatur pemerintah desa kedepan akan semakin berat seiring dengan meningkatnya tantangan perubahan zaman, untuk itu aparatur pemerintah desa dituntut menjadi figur teladan bagi masyarakat, baik dari sikap, tutur kata maupun tindakan serta mampu mensukseskan program-program pemerintah secara umum dan mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Karo.

“Maju mundurnya Kabupaten Karo, salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan dan pelayanan Kepala Desa terhadap masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga berharap PAPDESI bisa bekerja dengan profesional, inovatif dan seluruh anggota yang tidak lain para Kades memiliki semangat besar untuk memajukan dan mensejahterakan desa yang dipimpinnya.

Perlu diketahui bersama, PAPDESI adalah organisasi yang diakui secara legal formal. Organisasi ini merupakan wadah bagi kepala desa se-Kabupaten Karo yang dibentuk untuk mempermudah dalam mengakomodir berbagai aspirasi para Kepala Desa (Kades)

Terahir, Cory meminta anggota Papdesi dapat menjaga kekompakan, serta persatuan dan kesatuan warga. Terlebih, menjelang Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, anggota Papdesi juga harus mampu menjadi wadah pemersatu bagi seluruh aparatur pemerintah desa.

“Tetap jaga solidaritas dan sinergitas untuk memajukan desa,” kata dia.

Turut hadir, anggota DPD RI, Dr. Badikenita Sitepu, Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat serta para Kepala Desa se-Kabupaten Karo dan tamu undangan lainnya. (R1)

Komentar