oleh

Indonesia Maju: Tahun 2022 LRT Bisa Muter-Muter Jabodebek

Jakarta, Karosatuklik.com – Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek akan beroperasi pada pertengahan tahun 2022. Hal ini sudah dipastikan oleh (Persero) selaku operator.
“LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pertengahan 2022,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan, Rabu (15/9/2021).

Joni menjelaskan, berdasarkan Perpres nomor 49 Tahun 2017, KAI ditugaskan untuk menyelenggarakan sarana dan prasarana LRT Jabodebek antara lain meliputi pengadaan sarana, pengoperasian sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana, pengusahaan sarana dan prasarana termasuk pendanaan prasarana Kereta Api Ringan /Light Rail Transit terintegrasi serta penyelenggaraan sistem tiket otomatis (Automatic Fare Collection).

Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek akan beroperasi pada pertengahan tahun 2022

Nantinya terdapat 18 stasiun LRT Jabodebek yang akan melayani masyarakat yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Joni menjelaskan stasiun LRT terdiri dari 2 tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya.

Baca Juga :  Densus 88 Pastikan Siaga soal Isu Serangan Balasan dari JI

Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek akan beroperasi pada pertengahan tahun 2022

Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya. Interchange Station terdiri dari 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

“Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Dimana pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya,” kata Joni.

Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek akan beroperasi pada pertengahan tahun 2022

Dari sisi akses stasiun, stasiun LRT Jabodebek memiliki keunggulan karena akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum. Misalnya Stasiun Dukuh Atas, lokasinya berada di dekat Stasiun KRL Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun KA BNI City, halte TransJakarta, serta berbagai moda transportasi lainnya.

Baca Juga :  Update Corona 14 September 2021: Positif 4.174.216, Sembuh 3.942.473, Meninggal 139.415

Ada juga Stasiun Halim yang terintegrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung serta dekat dengan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. (R1/cnbcindonesia.com)

Komentar

Topik Terkait