iPhone 16 Pro Dibekali Kamera Tetraprisma dan Layar 120Hz, Ini Detailnya

Teknologi8427 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Seri iPhone 16 diperkirakan akan hadir tahun depan. Meski demikian, bocoran mengenai iPhone terbaru ini sudah mulai bermunculan di internet.

Baru-baru ini, analis Ming-Chi Kuo menegaskan iPhone 16 Pro dan ‌iPhone 16‌ Pro Max akan dilengkapi dengan lensa telefoto tetraprisma berkemampuan zoom ditingkatkan.

Analis TF International Securities juga mengklaim hal sama dalam blognya, mengutip dari Gadgets 360, Jumat (24/11/2023).

Di tahun 2023 ini, raksasa Cupertino menyertakan sistem lensa tetraprisma baru untuk iPhone 15 untuk mendukung zoom optik 5x. Adapun untuk iPhone 15 Pro‌ mendukung zoom optik 3x.

Sesuai laporan terbaru, iPhone 16 Pro diperkirakan akan memiliki layar 6,27 inci dengan kecepatan refresh 120Hz berbasis teknologi oksidadi polikristalin suhu rendah (LTPO). Sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar 6,86 inci.

Untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6.12 inci dan 6.69 inci.

Kedua layar seri iPhone 16 ini hanya mendukung refresh rate 60Hz. Rumor ini diperkuat oleh cuitan leaker, Ross Young.

Bila kabar ini memang benar, maka model iPhone 16 dan 16 Plus akan masih menggunakan layar dengan kemampuan refresh rate 60Hz sama seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Dia mengatakan, Apple hanya akan menyematkan Pro Motion di model standar pada 2025.

Kembali pada bocoran iPhone 16 series yang dijadwal meluncur tahun depan, Apple fanboy dapat berharap seluruh model iPhone baru itu hadir dengan Dynamic Island.

iPhone 16 Bakal Hadir dengan Tombol Tambahan

Sebelumnya, beredar rumor tentang HP iPhone 16 bakal dilengkapi dengan tombol tambahan, selain volume, power, dan silent.

Kabar ini diungkap oleh leaker terpercaya dengan akun Weibo, yakni Instant Digital. Dia menyebutkan, ponsel penerus iPhone 15 series ini akan hadir dengan tombol tambahan.

Tidak hanya tombol, perusahaan berbasis di Cupertino itu juga akan mengubah letak antena mmWave ke sisi kiri ponsel iPhone 15 series–sebelumnya ada di kanan bodi.

Disebutkan pula, tombol bernama Pro Action di iPhone akan menyatu dengan bodi ponsel, dan diyakini menjadi cara Apple beralih ke teknologi tombol solid-state.

Rumor dari Instant Digital ini mengonfirmasi kabar dari MacRumors, pada September 2023. Lalu apa fungsinya?

Apple menyebut tombol ini secara internal bernama “Capture Button”, dan terletak di bawah tombol power di sisi kanan HP iPhone ini.

Banyak meyakini, “Capture Button” ini akan berfungsi sebagai shortcut untuk meluncurkan aplikasi foto–seperti di HP Android Sony Xperia.

Menurut analis, Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, dikutip dari GSMArena, Sabtu (21/10/2023).

Jauh berbeda dengan jajaran tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapatkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

iPhone 16 Bakal Pakai iOS 18, Disebut Punya Fitur AI Ekslusif

Di samping itu, iPhone 16 juga dikabarkan akan hadir dengan fitur kecerdasan buatan (AI) eksklusif berkat iOS 18 yang diusungnya.

Menurut laporan News18, Kamis (16/11/2023), fitur-fitur baru ini mencakup peningkatan kinerja Siri, peningkatan kemampuan kamera, dan banyak lagi.

Menurut MacRumors, Apple akan mengungkapkan versi Siri turbo-charged yang didukung oleh model bahasa besar (LLM) pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Sejauh ini, Apple masih mempertimbangkan apakah fitur AI tersebut akan dijalankan di perangkat, di cloud, atau menggunakan pendekatan hybrid.

Belum diketahui pula apakah fitur-fitur AI tersebut hanya dijalankan pada perangkat tertentu atau tersedia di semua perangkat yang dapat menjalankan iOS 18.

Meski demikian, menurut informasi baru yang dibagikan oleh @Tech_Reve, iOS 18 akan menghadirkan LLM baru perusahaan ke jutaan perangkat yang ada dengan menggunakan AI berbasis cloud.

Sementara fitur AI baru pada perangkat diperkirakan akan tetap eksklusif untuk iPhone 16.

Dengan fitur baru pada iOS 18 ini, disebutkan adanya perubahan interaksi antara Siri‌ dan aplikasi Messages. Diperkirakan, nantinya pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan kompleks dan melengkapi kalimat secara otomatis dengan lebih efektif.

iPhone 16 Series Pakai Chipset A18

Menurut analis, Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, dikutip dari GSMArena, Sabtu (21/10/2023).

Jauh berbeda dengan jajaran tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapatkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

Meski keempat model akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, tetapi diperkirakan tidak akan sama. Ini karena iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dikatakan hadir dengan chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki chip A18 Pro.

Jadi pada akhirnya, Apple bisa saja melakukan rebranding pada chipset-nya. Dengan begitu, iPhone ‘vanilla’ tidak akan berbeda jauh spesifikasi perangkat kerasnya dengan iPhone Pro.

Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Bagaimanapun, A18 dan A18 Pro akan diproduksi oleh TSMC pada proses 3nm generasi kedua “N3E”.

Di mana ini akan lebih murah dan menghasilkan hasil lebih baik daripada “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro, menurut TSMC. (Liputan6.com)

Komentar