Jokowi Bersama Keluarga Berlibur ke Candi Borobudur

Nasional2187 x Dibaca

Magelang, Karosatuklik.com – Presiden Joko Widodo bersama cucu dan keluarga berkunjung ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dalam liburan tersebut, Jokowi berkesempatan naik ke struktur candi dan menyapa wisatawan yang datang.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka beserta istri berjalan menuju ke struktur candi Borobudur. Dalam perjalanannya, Jokowi mendapat sambutan hangat dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Petugas Museum Cagar Budaya, Heri Setiyawan mengatakan pada kesempatan ini ia mengantar keluarga Gibran naik hingga ke lantai sembilan. Sementara Presiden Jokowi berada di lantai tiga.

“Saya mengantarkan Pak Gibran dan keluarga termasuk Mas Ethes sampai naik berputar di stupa di lantai 9. Kemudian turun lagi ke arah timur ke Presiden Jokowi berada di halaman,” kata Heri Setyawan saat ditemui di pelataran Candi Borobudur pada sabtu (25/5/2024).

Heri menambahkan bahwa Presiden Jokowi tidak memberikan saran, hanya melempar pertanyaan soal Candi Borobudur. Sementara kepada ketiga cucu, Heri menjelaskan sejarah soal relief-relief yang berada di candi.

“Kalau mendampingi anak-anak ini berbeda, tidak kita menjelaskan spesifik yang sulit-sulit tentang filosofi tidak akan saya jelaskan. Saya hanya menjelaskan relief-relief yang ada binatang. Ini budi pekerti itu bisa mengambil dari contoh-contoh bintang yang menyampaikan budi pekerti kepada manusia,” tambahnya.

Pengunjung Candi Borobudur, Wulan dan Meisya asal Semarang mengaku kaget dan senang dengan kedatangan orang nomor satu Indonesia tersebut.

“Luar biasa banget, ini pertama kali anak saya ke Candi Borobudur dan alhamdulillah bertemu dengan Pak Jokowi. Tidak menyangka, tadi ke sini itu niatnya hanya ke Candi Borobudur dan tidak mengetahui kalau ada Pak Jokowi. Melihat Pak Jokowi lewat saya langsung mendekat dan mendapatkan hadiah baju dan hampers,” katanya.

Presiden bersama keluara berada di struktur candi sekitar 30 menit. Seusai menyapa dengan berfoto bersama para wisatawan, Presiden langsung bergegas meninggalkan lokasi. (BeritaSatu)

Baca Juga:

  1. Momen Presiden Jokowi Belanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi
  2. Intel Berseragam Ojol Ketahuan Diam-diam Memantau, Kahiyang Ayu Putri Jokowi Protes
  3. Presiden Jokowi Kunjungi Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Komentar