Maudy Koesnaedi, Marsha Timothy, dan Happy Salma Bintangi Seri Monolog Di Tepi Sejarah

Entertainment, Film1537 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Seri monolog Di Tepi Sejarah musim ketiga merilis lima cerita tokoh sejarah yang ditampilkan di atas panggung.

Lima kisah tersebut dirilis oleh Kemendikbud RI melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Indonesiana TV berkolaborasi dengan Titimangsa dan KawanKawan Media di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (28/6/2024).

Sebelum perilisan, Di Tepi Sejarah musim ketiga telah lebih dulu dipentaskan dalam rangkaian Festival Monolog pada Desember 2023 lalu di Teater Salihara. Pementasan itu melibatkan Happy Salma, Yulia Evina Bhara, dan Pradetya Novitri sebagai produser.

Di Tepi Sejarah merupakan sebuah seri monolog yang menceritakan tentang tokoh-tokoh yang ada di tepian sejarah. Kisah mereka diangkat kembali demi meningkatkan minat anak-anak zaman sekarang terhadap sejarah.

Seri monolog musim ketiga menampilkan kisah dari Oto Iskandar Dinata dengan mengambil sudut pandang istrinya yaitu Raden Ajeng Soekirah. Ruhana Kuddus seorang pejuang kaum perempuan, Francisca Casparina sebagai seorang diplomat yang aktif berjuang pasca kemerdekaan.

Kemudian Tan Tjeng Bok yang merupakan seniman multitalenta yang kiprah seninya bertahan melewati tiga zaman. Dan Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia.

“Tahun ketiga seri monolog Di Tepi Sejarah diselenggarakan, artinya ada 14 tokoh Indonesia yang diangkat kisah hidupnya dalam sebuah pementasan,” kata Happy Salma dalam sesi konferensi pers.

“14 tokoh ini mewarnai sejarah Indonesia dengan kekhususannya masing-masing. Ada yang lewat perjuangan angkat senjata, ada yang lewat jalur diplomasi, bahkan lewat kesenian,” ujar Happy menambahkan.

Kisah pertama yang berjudul Sudut Terlipat di Panggung Tan Tjeng Bok yang merupakan karya penulis Deddy Otara, sutradara Sahlan Mutjaba, dan pemain Bagus Ade Saputra tayang di Indonesiana TV pada 28 Juni 2024 pukul 20.00 WIB.

Judul kedua yaitu Ke Pelukan Orang-Orang Tercinta karya penulis Felix K. Nesi, sutradara Shinta Febriany, dan pemain Marsha Timothy tayang pada 3 Juli 2024 pukul 20.00 WIB.

Selanjutnya, Suamiku Oto dan Bel Pintu karya penulis Ahda Imran, sutradara: Nia Dinata, dan pemain Maudy Koesnaedi tayang 10 Juli 2024 di jam yang sama.

Lalu Seroean Kemadjoean karya penulis Esha Tegar, sutradara Tya Setiawati, dan pemain Widi Mulia tayang pada 17 Juli 2024. Dan yang terakhir Tirto: Tiga Pengasingan karya penulis Ibed S Yuga, sutradara Putu Fajar Arcana, dan pemain Ari Sumitro tayang pada 24 Juli 2024. (Suara.com)

Komentar