oleh

Melihat Kendaraan Tempur P6-ATAV yang Pernah Ditumpangi Presiden Jokowi

Jakarta, Karosatuklik.com – Kalau dilihat hanya sepintas kendaraan tempur yang pernah ditumpangi adalah Jep modifikasi (foto). Padahal kalau diperhatikan detail, mobil militer asli, yakni P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan tempur ini merupakan produksi dari perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya (PT SSE).

PT SEE membuat kendaraan itu dari material steel high grade dan dual alumunium yang membuatnya terlihat sangat kokoh dan kekar. Desain dari P6-ATAV menyerupai mobil tubular yang tidak dilengkapi pintu. Sengaja dibikin seperti itu agar memudahkan para prajurit keluar-masuk kendaraan.

P6-ATAV memiliki panjang 4.600 mm, lebar 2.300 mm, dan tinggi 1.500 mm dengan bobot sekitar 2.000 kg. Bagian kaki-kaki kendaraan ini pun tidak main-main, ban yang disematkan pada P6-ATAV ini berjenis run flat yang mampu menahan proyektil peluru, wow, luar biasa bukan?

Karena fungsinya sebagai kendaraan militer, sudah pasti mobil ini dilengkapi dengan bodi anti peluru dan dudukan senjata.

Baca Juga :  Jarang yang Tahu, Ini Alasan Jip Tempur Punya Fitur Lipat Kaca Depan

Ada tiga dudukan senjata di kendaraan ini, yakni di atas, serta samping kanan dan kiri. Dudukan atas diberi senjata berjenis FN MAG kaliber 7,62 mm dan yang samping kanan dan kiri dibekali senjata FN Minimi kaliber 5,56 mm.

Dari sisi dapur pacu, P6-ATAV dibekali mesin turbo diesel 4 silinder dengan kapasitas mesin 2.300 cc. Mesin kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 142 dk dengan kecepatan maksimalnya 120 km/jam dan bertransmisi otomatis. (otomania.com)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait