Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur Lebih Dulu di India, Indonesia Tinggal Menunggu Waktu

Otomotif1712 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Suzuki Maruti India resmi merilis All New Ertiga smart hybrid dalam empat varian, empat varian, yakni LXi, VXi, ZXi, dan ZXi+.

Dengan sejumlah pembaruan, mobil yang mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) ini dipasarkan dengan harga mulai dari 835.000 rupee atau sekitar Rp 157 jutaan hingga 1.279.000 rupee atau sekitar Rp 240 jutaan.

Melansir Hindustantimes, Ertiga mendapatkan desain yang diperbarui seperti tampilan gril depan, fitur tambahan, dan mesin bensin 1,5 liter K-series baru yang dikawinkan dengan gearbox otomatis 6-percepatan baru.

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur Lebih Dulu di India, Indonesia Tinggal Menunggu Waktu

Interior mobil ini juga mendapatkan fitur keamanan 4 airbag di kursi baris depan, masing-masing 2 di dasbor depan pengemudi dan penumpang, dan 2 di sisi kiri dan kanan.

Berbeda dari model yang dipasarkan saat ini, Suzuki Ertiga baru menggunakan jantung pacu K15C Smart Hybrid yang memiliki spesifikasi empat silinder berkapasitas 1.462cc dengan kemampuan 115 hp dan torsi 138 Nm.

Namun, performa bakal lebih besar dari itu karena Suzuki memasang tambahan motor listrik berkekuatan 31 daya kuda serta torsi 60 Nm menjadikannya sebagai mobil hybrid. Informasi menyebutkan, bahwa konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 20,5 kilometer per liter.

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur Lebih Dulu di India, Indonesia Tinggal Menunggu Waktu

Masuk Indonesia Dalam Waktu Dekat

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia telah memajang teknologi smart hybrid dalam pergelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022.

Suzuki menyatakan telah melakukan research and development dalam merancang sistem SHVS atau Smart Hybrid Vehicle System.

Teknologi hybrid milik Suzuki dibangun dalam kombinasi DUALJET sebagai mesin efisiensi termal serta ISG (Integrated Starter Generator) yang memiliki fungsi sebagai motor penggerak untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan memberikan bantuan tenaga ke mesin.

Sementara sistem SHVS mengemas baterai utama yang ringan dan ringkas, dirancang untuk masa pakai lebih lama.

Suzuki Smart Hybrid disebutkan lebih ringan, compact, dan hemat energi sehingga sangat ideal untuk compact car dengan kemampuan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Meski belum terdapat keterangan terkait model apa yang akan menggunakan teknologi tersebut. Namun besar kemungkinan, Suzuki Ertiga akan menjadi model pertama yang akan mendapatkannya. (R1/suara.com)