Mobil Sipil Rasa Militer Buatan Anak Bangsa Resmi Dipasarkan! Mesin 2500 CC Turbo, Siap Libas Segala Medan

Catatan Redaksi2304 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Mobil untuk rakyat tapi rasa militer. Itulah Maung MV2, yang merupakan produksi PT Pindat dan telah resmi memasuki pasar konsumen alias sudah dipasarkan secara umum.

Mobil yang awalnya digunakan untuk keperluan militer ini kini hadir sebagai kendaraan offroad yang ideal bagi masyarakat sipil.

Pindat memproduksi dua varian, yaitu Maung khusus militer dan Maung MV2 khusus untuk pasar komersial.

Maung MP2 ini sebuah mobil sipil namun memiliki rasa militer yang kuat, dengan mengusung mesin diesel 2500 cc yang siap dengan segala medan.

Lalu, bagaimanakah detail Spesifikasi dan performa Maung MV2 ini?

Sebelumnya, Pindat memperkenalkan mobil sipil rasa militer ini kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan keberadaan kendaraan taktis ini.

Pengenalan pertama terjadi pada tahun 2021, yang diikuti oleh acara peresmian pada tahun 2023, dihadiri dan diresmikan oleh presiden.

Momen tersebut menandai langkah penting dalam memperkenalkan Maung MV2 ke publik, menunjukkan komitmen serius PT Pindat untuk menyajikan kendaraan taktis inovatif kepada masyarakat.

Maung MV2, sebuah kendaraan taktis yang telah dirancang untuk memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat sipil.

Keberadaan kendaraan ini tidak hanya sebagai alat transportasi yang dapat dimiliki, tetapi juga dapat diperjualbelikan secara umum, memberikan akses kepada masyarakat sipil untuk memperoleh Maung MV2.

PT Pindat menegaskan komitmennya untuk memberikan solusi mobilitas yang andal dan tangguh kepada konsumen yang beragam.

Platform Maung MV2 menggunakan basis Maung Pindat MV2 yang diresmikan pada tahun 2021.

Lampu bagian depan SUV ini menggunakan DRL LED yang berbentuk bulat dan dilengkapi dengan proyektor.

Suspensi yang digunakan berwarna merah guna memperkuat kesan sporty. Namun, ukuran suspensinya belum diketahui secara pasti. Bahan pada mobil ini masih sama, yaitu Canavi Mhawk.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.835 mm, lebar 2000 mm, dan tinggi 1860 mm.

Beralih ke dalam ruang kabin, Maung MV2 menghadirkan serangkaian fitur impresif untuk memberikan pengalaman berkendara yang unggul.

Fokus utama terletak pada head unit sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas SM, baik melalui sistem Android maupun iOS.

Dengan kemampuan ini, pengemudi dan penumpang dapat menikmati akses yang lebih luas ke berbagai fungsi hiburan dan utilitas yang terintegrasi dengan lancar ke dalam kendaraan.

Desain jok pada Maung MV2 tidak hanya mengusung unsur kenyamanan, tetapi juga menampilkan kepraktisan dan fungsionalitas.

Meskipun tampak sederhana, jok ini dirancang dengan penuh perhatian mengikuti tema keseluruhan kendaraan dengan kesan maskulin yang kuat.

Desain simpelnya juga mencerminkan sentuhan estetika yang sesuai dengan karakteristik Maung Pindat, menciptakan harmoni antara kenyamanan dan kegagahan dalam interior.

Bagian dasbor Maung MV2 menjadi fokus tambahan dengan adanya aksi atau tarikan garis yang tajam dan bentukan kotak.

Ini bukan hanya menambah estetika, tetapi juga merancang dasbor menjadi lebih kokoh.

Desain ini tidak hanya menciptakan tampilan visual yang menarik, tetapi juga meningkatkan kesan soliditas dan ketangguhan.

Selain itu, beberapa frame yang disematkan di interior tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif, tetapi juga memperkuat stabilitas dan kekuatan struktural yang ditawarkan oleh Maung MV2.

Ini menciptakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman dengan segala fitur dan desain interior yang canggih.

Maung MV2 tidak hanya menjadi kendaraan taktis yang andal, tetapi juga menciptakan ruang kabin yang menggabungkan fungsionalitas, gaya, dan kenyamanan.

Desain eksteriornya dipenuhi dengan ornamen menarik dan fitur fungsional yang meningkatkan performa kendaraan secara keseluruhan.

Striping mobil dengan ornamen tengkorak memberikan sentuhan estetika yang unik, menciptakan identitas visual yang kuat dan berbeda dari kendaraan lain di kelasnya.

Kap mesin yang dilengkapi dengan air scope tidak hanya menambahkan elemen visual yang menarik, tetapi juga berfungsi sebagai saluran udara untuk meningkatkan efisiensi pendinginan mesin, mendukung kinerja mesin diesel 2.500 cc Turbo.

Mengenai performa, Maung MV2 menggunakan mesin diesel 2.500 cc Turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tenaga kuda, disertai dengan torsi sebesar 400 Nm.

Mesin bertenaga ini dikombinasikan dengan transmisi manual untuk memberikan kontrol optimal terhadap daya yang dihasilkan.

Sistem penggerak empat roda memberikan daya serap yang luar biasa, menjadikan Maung MV2 siap menghadapi berbagai medan dan tantangan di perjalanan.

Bagian suspensi Maung MV2 juga dirancang dengan teliti untuk memberikan performa yang tangguh dan stabil.

Suspensi dengan jenis independent double wishbone memberikan kestabilan dan penanganan yang optimal, sedangkan suspensi belakang mengadopsi forlink with coilovers, sistem yang tidak hanya mampu meredam getaran, tetapi juga meningkatkan kenyamanan perjalanan.

Dengan bobot mencapai 2.630 kg, Maung MV2 menunjukkan kekokohannya dalam setiap pergerakan.

Kemampuan menahan beban maksimal hingga 3.200 kg menjadikan Maung MV2 sebagai pilihan yang andal untuk berbagai keperluan transportasi.

Daya bahan bakar yang impresif memperkuat daya jelajah, dengan Maung Pindat mampu menempuh jarak sekitar 600 KM dengan tangki penuh.

Dengan begitu, Maung MV2 tidak hanya menawarkan desain yang menarik dan performa yang unggul, tetapi juga memenuhi kebutuhan efisiensi dan ketangguhan yang diharapkan dari kendaraan taktis modern.

Dengan konsep desain dan fitur yang dimilikinya, Maung MV2 memiliki harga yang kompetitif.

Varian militer kendaraan ini dihargai mulai dari Rp600 jutaan per unit, sementara untuk varian komersialnya kemungkinan dibandrol mulai dari Rp500 jutaan per unit, setara dengan harga SUV Toyota Fortuner.

Dengan semua fitur dan performa yang dimilikinya, Maung MV2 menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang menginginkan kombinasi antara kehandalan, ketangguhan, dan gaya dalam satu kendaraan.

Dengan demikian, langkah ini menandai tonggak sejarah penting dalam industri otomotif Indonesia, menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam kemampuan produksi mobil nasional.

Semoga kesuksesan Maung MV2 ini menjadi awal dari banyak inovasi dan prestasi baru dalam industri otomotif Indonesia. (Disway)

Baca Juga:

  1. Bangga, Mobil Tempur Karya Anak Bangsa
  2. Pindad Pamer Dua Mobil Maung Baru
  3. Tak Cuma Kendaraan Perang, Pindad Produksi Prototipe Motor Listrik

Komentar