Mengenal Boundless View, Bisa Sulap Layar Oppo Find N3 Jadi 15 Inci

Teknologi1303 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Layar luas pada Oppo Find N3 benar-benar dapat dimaksimalkan oleh pengguna untuk menunjang produktivitas mereka. Layar Oppo Find N3 yang seluas 7,82 inci, memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi sekaligus dengan tampilan fullscreen, semua itu berkat fitur bernama Boundless View.

Fitur utama yang disuguhkan perangkat berlayar besar seperti smartphone layar lipat (non clamshell) adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam satu sesi.

Fitur seperti ini memang banyak ditawarkan, seperti Split Screen atau Floating Screen. Cuma, ada kekurangan dari kedua fitur tersebut yang rasanya mengurangi experience saat membuka lebih dari dua aplikasi sekaligus, yakni area aplikasi yang justru jadi lebih kecil.

Split Screen, sesuai namanya, membagi layar menjadi dua area untuk memuat dua aplikasi sekaligus. Kalau Floating Screen, aplikasi ditampilkan ‘melayang’, tapi tetap saja tampilannya tak memenuhi area layar.

Beda dengan Boundless View pada Oppo Find N3. Fitur ini justru tetap menampilkan hingga tiga aplikasi sekaligus dengan jendela yang penuh alias fullscreen. Oppo mengklaim, pengguna Find N3 seperti menggunakan perangkat berlayar 15 inci ketika memanfaatkan fitur ini.

“Boundless View menampilkan ketiga aplikasi pada layar 7,8 inci untuk fokus maksimal pada satu aplikasi dalam satu waktu, sambil tetap multitasking secara alami di antara ketiganya,” klaim Oppo.

Boundless View dapat mensejajarkan aplikasi dengan tampilan penuh, baik secara vertikal atau horizontal. Untuk berpindah antar aplikasi, tinggal tap bagian dari aplikasi lainnya, dan otomatis aplikasi bakal bergeser secara smooth tanpa lag sama sekali.

Kemampuan Boundless View di Oppo Find N3 sendiri berkat kinerja Snapdragon 8 Gen 2 yang maksimal. Prosesor ini terhitung masih system on chip (SoC) yang ngebut tahun ini, memiliki clock-speed 3,2 GHz yang menyuguhkan performa tinggi.

Sangat mudah untuk mengaktifkan fitur Boundless View, berikut tim Uzone.id rangkumkan caranya buat kalian pengguna Oppo Find N3:

  1. Buka aplikasi pertama, bisa apapun itu. Aplikasi bawaan Oppo ataupun third party seperti WhatsApp, Instagram, Google Docs, YouTube, dan lain sebagainya.
  2. Kemudian, swipe layar bagian tengah dari atas ke bawah menggunakan dua jari dan tambahkan aplikasi kedua yang ingin dibuka.
  3. Atau, masuk ke Recent Apps, tekan tombol berbentuk tiga titik pada aplikasi yang sebelumnya kalian buka, dan tekan Split Screen.
  4. Sekarang, buka aplikasi kedua. Boundless View juga berfungsi untuk game, jadi cobalah untuk membuka salah satu game favorit kalian.
  5. Ketika dua aplikasi berjalan bersamaan, tekan bar berwarna abu di bagian atas masing-masing aplikasi, tekan tombol Expand.
  6. Jika sudah, buka App Drawer, kemudian drag & drop aplikasi ke Boundless View. Voila! tiga aplikasi pun berjalan bersamaan dengan tampilan fullscreen.

Spesifikasi Oppo Find N3

Oppo Find N3 menampilkan layar berjenis LTPO OLED seluas 6,3 inci di bagian luar, lebih besar dari sebelumnya yang berukuran 5,54 inci. Resolusinya 2.484 x 1.116 piksel, didukung refresh rate 120Hz, HDR10+, Dolby Vision, hingga intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits.

Di dalam, terpampang layar 7,82 inci dengan resolusi 2.240 x 2.268 piksel. Lebih baik dari sebelumnya, berkat struktur engsel yang baru, jejak lipatan di tengah-tengah layar jauh lebih landai, nyaris tak terlihat malah.

Dengan mekanisme engsel yang baru, ketahanan ponsel untuk buka-tutup lebih tinggi dari sebelumnya. Dari pengujian internal Oppo yang sudah disertifikasi TUV Rheinland, Find N3 bisa dibuka dan ditutup hingga 1 juta kali.

Disandingkan dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2, Oppo memasangkan RAM 16 GB berjenis LPDDR5x yang bisa diperluas secara virtual sampai 12 GB, serta memori penyimpanan up to 512 GB berjenis UFS 4.0.

Oppo Find N3 ditopang baterai dengan kapasitas 4.800 mAh yang mendukung fast charging 67W. Dari pengujian internal Oppo, 67W SuperVOOC mampu mengisi daya baterai sebanyak 35 persen setelah 10 menit dan penuh pada 42 menit.

Bagian kamera yang menarik, karena Oppo mengklaim kalau Find N3 menjadi smartphone lipat pertama di dunia dengan tiga kamera Hasselblad.

Seperti Find X6 Pro, Oppo Find N3 dilengkapi tiga kamera belakang Hasselblad, terdiri dari kamera utama dengan sensor 48 MP Sony LYTIA-T808 yang sudah mendukung optical image stabilization (OIS). Sensor ini berukuran 1/1.35″ atau 20 persen lebih besar dari foldable lainnya.

Kemudian ada kamera telephoto dengan lensa periskop, pertama juga buat perangkat foldable. Kamera ini menggunakan sensor 64 MP yang didukung OIS. Lalu ada kamera ultrawide 48 MP dengan sensor Sony IMX581. Sementara di depan, ada kamera 20 MP di bagian cover dan kamera selfie 32 MP pada layar bagian dalamnya. (Uzone)

Komentar