MIUI 14 Versi Stabil Sudah Hadir ke Xiaomi 12, Cek Fitur Terbarunya

Teknologi812 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Xiaomi telah meluncurkan sistem operasi MIUI 14 beberapa bulan lalu. Kini MIUI 14 versi stabil mulai digulirkan ke global, khususnya pengguna Xiaomi 12.

Sesuai laporan GSM Arena, Senin (16/1/2023), pengguna Xiaomi 12 kini menikmati fitur MIUI 14 seperti sistem operasi Android 13. Selain itu security update atau pembaruan keamanan sudah memakai edisi Januari 2023.

Namun MIUI 14 versi stabil yang sudah dirilis ke luar China baru tersedia untuk pengguna yang bergabung ke channel beta. Artinya, sistem operasi ini belum bisa dipakai untuk kalangan umum.

Adapun unduhan MIUI 14 di Xiaomi 12 memiliki kapasitas 4,43GB dengan nama file MIUI 14.0.2.0 (TLCMIXM). Selain itu software ini terbatas untuk pengguna Xiaomi 12, bukan Xiaomi 12 Pro.

Update MIUI 14 ini juga hanya bisa dilakukan lewat kabel. Tetapi laporan mengatakan kalau Xiaomi bakal meluncurkannya secara global.

Berikut fitur MIUI 14:

1. Lebih Sedikit Ruang Penyimpanan Sistem

MIUI 14 telah dioptimalkan untuk mengurangi ruang penyimpanan yang ditempati oleh sistem sehingga lebih banyak ruang yang dapat dicadangkan untuk file pengguna.

Selain ruang penyimpanan, MIUI 14 juga mengurangi jumlah item boot sebesar 12 persen, sehingga menghemat penggunaan memori boot sebesar 9 persen.

Banyak ponsel sekarang dilengkapi dengan RAM 8GB, dan MIUI 14 yang dioptimalkan memungkinkan pengalaman yang lebih lancar untuk ponsel dengan RAM 8GB.

2. Tidak Ada Lagi File Duplikat

MIUI 14 juga mendukung pembersihan file duplikat, misalnya di Aplikasi Obrolan.

Sebagai informasi, setiap kali gadget meneruskan file, maka MIUI akan menyimpan salinannya di ponsel, sehingga jumlah file duplikat masih tinggi.

Namun hal tersebut tak akan terjadi lagi di MIUI 14 karena sudah tidak ada lagi file duplikat. Melalui pembersihan file duplikat MIUI 14 fitur, kamu juga dapat menghindari pemborosan penyimpanan.

3. Animasi Halus dan Respon Lebih Cepat

MIUI 14 secara alami memberikan kinerja penuh terhadap perangkat keras ponsel. MIUI ini menghadirkan pengalaman yang lebih smooth dan lancar dalam penggunaan sehari-hari.

Sistem MIUI dapat menyesuaikan tingkat animasi, yang selanjutnya dapat meningkatkan kehalusan visual.

Untuk memastikan pengalaman kontrol yang lebih lancar, MIUI 14 tidak hanya menyempurnakan persyaratan perangkat keras, tetapi juga secara signifikan mengoptimalkan arsitektur sistem dan mekanisme penjadwalan.

4. Ada Banyak Ikon Baru yang Segar

MIUI 14 juga meningkatkan personalisasi desktop, tidak hanya memperkaya jenis dan jumlah widget desktop, tetapi juga menambahkan pengaturan bentuk ikon baru.

Setiap ikon memiliki empat ukuran untuk dipilih, dan kombinasi widget desktop menciptakan antarmuka yang lebih personal.

Saat ini, sistem ikon desktop MIUI 14 telah dibuka untuk desainer, dan akan ada lebih banyak gaya yang dapat dipilih pengguna, pengaturan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan desktop yang dipersonalisasi. (R1/suara.com)

Komentar