Momen Gelandang Premier League saat Bertemu Kakeknya di Indonesia

Sepakbola, Sport1636 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Gelandang keturunan Indonesia yang kini berkarier di Premier League, Jairo Riedewald, sebetulnya sudah sempat mengunjungi Indonesia saat dia muda. Bahkan, saat itu dia sempat bertemu kakeknya di Jakarta.

Momen itu terjadi ketika Jairo Riedewald masih bermain bersama klub yang membesarkan namanya, Ajax Amsterdam, tepatnya ketika dia baru saja mendapatkan tiket promosi ke tim utama pada 2014.

Dalam sebuah tur pramusim yang berlangsung untuk menyambut musim 2014/2015, Ajax Amsterdam ketika itu menantang dua tim besar asal Indonesia, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Saat itu, Jairo Riedewald yang saat itu baru berusia 18 tahun ikut dibawa pelatih Frank de Boer bersama pemain-pemain bintang Ajax lainnya seperti Siem de Jong, Bojan Krkic, Christian Poulsen, dan lain-lain.

Dalam sebuah video berjudul “Jairo Bertemu Keluarganya di Indonesia” yang diunggah oleh kanal YouTube Ajax Amsterdam, Jairo saat itu berjumpa dengan saudara sepupu dari neneknya yang masih berada di Indonesia.

“Beliau ini adalah saudara sepupu dari nenek saya. Tadi diberitahu ada tamu menunggu di bawah, ternyata benar dia memang saudara saya. Tentu saja senang bisa berjumpa,” kata Jairo dikutip dari kanal YouTube Ajax.

“Ternyata dia dahulu juga bermain sepak bola. Jadi, ada darah sepak bola di keluarga,” pemain yang berlatih bersama tim junior Ajax dari 2018 hingga 2014 itu menambahkan.

Ketika itu, kakek Jairo juga menceritakan latar belakangnya yang pernah bermain sepak bola. Dia juga menyampaikan harapannya agar Jairo bisa terus berkembang dan menjadi pemain bintang di Liga Belanda.

“Saya dahulu juga bermain sepak bola di tim Maluku All Star. Mohon di Bandung cetak gol ya. Kami harus berjanji bisa mencetak gol. Saya akan melihat kami dua sana,” ujarnya.

“Dia adalah cucu saya yang baik. Jairo, saya harap kami menjadi pemain bagus. Seperti Ruud Gullit dan Marco van Basten,” tambah kakek dari Jairo Riedewald tersebut.

Mantan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, memang sudah sempat mengisyaratkan ketertarikan Jairo Riedewald untuk menjalani proses naturalisasi demi memperkuat Timnas Indonesia.

Menurut Hasani, ada orang yang mengaku sebagai sepupu kakek Jairo yang telah menghubunginya. Memang, diakui Hasani, komunikasi ini masih sebatas pembicaraan informal, belum ada kepastian yang konkret.

Sebagai informasi, Jairo Riedewald merupakan pemain yang memiliki banyak darah keturunan. Eks pemain Timnas Belanda ini mendapatkan tiga darah campuran sekaligus, yakni Belanda, Suriname, dan Indonesia.

Ayahnya disebut-sebut berasal dari Suriname. Sedangkan ibunya memiliki darah campuran Belanda-Indonesia. Garis keturunan Indonesia ini diperoleh dari neneknya yang berasal dari Manado. (Kontributor: Muh Faiz Alfarizie/Suara.com)

Komentar