Panglima TNI dan Kapolri ke Papua, Tingkatkan Sinergitas Jaga Keamanan Pemilu 2024

Nasional1199 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Jumat (8/12/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kegiatan kedua pimpinan TNI-Polri saat itu turut mendengarkan paparan situasi Wilayah Papua oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua.

“Memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri, serta melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan. Agenda ini terbagi di dua lokasi, yakni Kodam XVII/Cenderawasih dan Mako Lantamal X Jayapura,” kata Benny dalam keterangannya, Jumat (8/12/2023).

Ia menjelaskan, kunjungan ini menjadi wilayah pertama bagi eks Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) ke Papua setelah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 22 November 2023.

Selain itu, kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai langkah strategis Panglima TNI dan Kapolri untuk meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dalam menjaga kelancaran dan keamanan menjelang Pemilu 2024.

“Hal ini sejalan dengan komitmen yang disampaikan Panglima TNI dalam kunjungannya ke Mabes Polri sebelumnya,” ujar dia.

Dalam rencananya, kedua jenderal bintang empat tersebut akan melibatkan personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan patroli di seluruh wilayah Indonesia.

“Baik di tingkat Polda maupun polres guna memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan lancar di seluruh wilayah tanah air,” pungkas Benny.

Kapolri Pastikan Sinergitas TNI-Polri, Amankan Pemilu 2024 hingga Bencana Alam

Jajaran TNI dan Polri terus berkomitmen memperkuat sinergisitas dalam mengawal pelaksanaan pemilu 2024 agar berjalan aman, lancar, dan damai. Kedua institusi itu turut memastikan pilpres 2024 berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diatur.

“Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai macam tugas. Yang pertama bagaimana mengawal agar pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Beberapa hal juga kita bicarakan misalnya di tengah isu ketidaknetralan. Namun di sisi lain kami juga harus turun ke lapangan karena untuk memastikan kegiatan tahapan pemilu,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menerima kunjungan atau Courtesy Call Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Listyo memastikan pelaksanaan kampanye sampai dengan kegiatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengawalan rekapitulasi surat suara, serta sengketa pemilu, semuanya berjalan dengan aman dan damai. Meski tidak dipungkiri dalam pesta demokrasi ada banyak perbedaan pendapat atau pilihan.

“Tugas kami bagaimana mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik,” jelas Listyo.

Kemudian yang menjadi perhatian TNI-Polri adalah menghadapi persoalan bencana alam. Belakangan, banyak peristiwa terjadi di sejumlah daerah sehingga mereka harus turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana.

“Kita akan bergerak cepat ke wilayah-wilayah yang terdampak bencana. TNI-Polri hadir sebagai representasi negara, dan itu juga tadi kita diskusikan,” kata Kapolri.

TNI-Polri Kawal Pembangunan di Papua

Sementara itu, perihal keamanan Papua juga menjadi fokus utama dalam pertemuan tersebut. TNI-Polri akan terus berupaya mengawal dan menjaga berbagai macam program pembangunan yang dicanangkan pemerintah agar berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya kira bagaimana sinergisitas ke depan semakin baik dalam pendidikan, termasuk latihan kita sehingga semua berjalan dengan baik,” ujar Listyo.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan jajarannya bersama dengan Polri berkomitmen terus saling bersinergi dalam pengamanan pemilu termasuk penanganan bencana alam.

“Kodam Jaya sudah menyiapkan, selain tenda-tenda untuk pengungsi,” ujar Panglima TNI. (Sumber: Merdeka.com)

Komentar