Para Srikandi Dirgantara Kita: Dua Penerbang Wanita Angkatan Udara Berprestasi

Nasional2094 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Dipenghujung Tahun 2023 mari kita simak kisah pendek perjalanan karier dua Wanita Angkatan Udara (Wara) yang kini masing-masing menjadi Komandan Lanud Jenderal Besar soedirman (JBS) Jawa Tengah dan Danlanud Sukani Majalengka Jawa Barat.

Kisah berawal pada Tahun 2003 ketika keduanya mendaftar dan diterima sebagai Bintara Wara, dimana dua tahun kemudian tepatnya tahun 2005 ketika TNI Angkatan Udara (TNI AU) membuka pendidikan seleksi penerbang bagi Wara.

Kedua personel Wara yang saat itu berpangkat sersan dua mengikuti seleksi dan berhasil lulus, sehingga berhak mengikuti pendidikan penerbang PSDP selama lebih kurang 2 tahun, dan tahun 2007 mereka berhasil dilantik menjadi letnan dua penerbang.

16 tahun berlalu, kedua penerbang wara tersebut saat ini sudah menjadi perwira menengah, yaitu Mayor Pnb Sekti Ambarwaty dan Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri.

Mayor Pnb Sekti Ambarwaty lahir di Malang, Jawa Timur, pada Tahun 1983 bergabung dengan TNI AU melalui pendidikan Sekolah Pertama Bintara (Semaba) pada Tahun 2003 dengan kejurus M/C (Messing/Catering).

Setelah bertugas Ambar mengikuti test untuk melanjutkan pendidikan sekolah penerbang PSDP Angkatan 73 Tahun 2005 di Lanud Adisutjipto dan akhirnya dilantik menjadi letnan dua penerbang pada tahun 2007.

Selanjutnya penempatan pertamanya sebagai penerbang pesawat CN-235 di di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma. Saat ini sebagai lulusan seskoau Angkatan 59 Tahun 2022, Mayor Pnb Sekti Ambarwaty menjabat sebagai Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman (JBS), Banjarnegara, Jawa Tengah sejak dilantik oleh Pangkoopsud 1 tanggal 6 November 2023.

Sementara itu rekannya Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri lahir di Pariaman Sumatera Barat, pada Tahun 1982. Untuk pertama kali bergabung dengan TNI AU setelah lulus dari pendidikan Sekolah Pertama Bintara (Semaba) pada Tahun 2003 dengan kejuruan Keuangan.

Setelah itu Tahun 2005 mengikuti test dan melanjutkan pendidikan penerbang PSDP Sekbang 73 hingga lulus pendidikan penerbang Tahun 2007.

Mayor Fariana merupakan lulusan Sesko Royal Singapure Air Force (RSAF) Tahun 2023, pertama kali penugasan di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma dengan pesawat Helikopter EC-120 B Colibri. Saat ini Mayor Pnb Fariana Dewi menjabat sebagai Komandan Lanud Sugiri Sukani, Majalengka, Jawa Barat sejak dilantik oleh Pangkoopsud 1 tanggal 14 Desember 2023.

Keberhasilan Mayor Pnb Ambarwati dan Mayor Pnb Fariana meneruskan jejak personel penerbang Wara pendahulunya, juga membuat jalan yang lebih lebar bagi personel Wara lainnya untuk mengabdi sebagai penerbang.

Pada tahun-tahun berikutnya, TNI AU terus membuka pendidikan penerbang bagi Wara, khususnya lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU). Hingga saat ini, sudah cukup banyak personel Wara yang menjadi penerbang di berbagai jenis pesawat TNI AU.

Sebagai teladan bagi adik-adik Wara muda adalah prestasi akademis Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri yang lulus dengan memuaskan dari Command and Staff Course di Goh Keng Swee Command and Staff College (GKS CSC) Singapura. Pendidikan selevel Seskoau ini merupakan pendidikan pengembangan umum militer tertinggi untuk perwira menengah.

Keberhasilan Mayor Ambarwati dan Mayor Fariana, membuktikan bahwa di jajaran TNI AU kaum wanita juga diberi kesempatan menjadi penerbang atau korps lain serta diperlakukan secara setara dan profesional.

Mereka telah menjadi inspirasi bagi generasi Wara berikutnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia, khususnya sebagai penerbang. Kedua Wara tersebut juga telah menjadi simbol kesetaraan gender di TNI AU.

“TNI Angkatan Udara – Jauh di Langit Dekat di Hati”. (R1/Dispen TNI)

Baca Juga:

  1. Potret Wanita Angkatan Udara yang Jadi Pramugari Pesawat Presiden, Cantiknya Bukan Main
  2. Wanita Angkatan Udara Diharapkan Dapat Memajukan TNI AU, Bangsa dan Negara
  3. Sosok Letda Ajeng Pilot Jet Tempur Wanita Pertama TNI AU, Kini Bertugas di Pesawat Kepresidenan
  4. TNI AU Kembali Berhasil Emban Misi Kemanusiaan Membawa 14 WNI dari Myanmar
  5. HUT Ke-78 TNI: Tema, Sejarah, dan Fungsi Militer Indonesia

Komentar