Pelni Sediakan 780 Tiket Gratis untuk Arus Balik dari Medan ke Batam

Sumut1721 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – PT Pelni (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 780 tiket arus balik gratis dari Pelabuhan Belawan, Medan, menuju Batam dengan KM Kelud pada masa angkutan Lebaran 2024.

“Keberangkatan dari Pelabuhan Belawan pada 17 April 2024,” ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana di Medan, Rabu (20/4/2024).

Biwa melanjutkan program balik gratis itu menjadi yang pertama kalinya di Medan pada periode Lebaran.

Untuk mendapatkan kuota balik gratis itu, Biwa menyebut calon penumpang harus datang ke loket Pelni Medan dengan membawa KTP asli dan foto kopi. Sementara untuk anak, Pelni meminta untuk menyertakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Masyarakat yang berangkat pun, kata dia, harus sesuai dengan KTP atau KIA orang yang mendaftarkan diri di loket. “Ini untuk menghindari penyalahgunaan,” kata Biwa.

Dia menambahkan tiket gratis yang disediakan adalah untuk kelas ekonomi dan tidak boleh diperjualbelikan atau dipindahtangankan.

Kemudian penumpang yang mendapatkan tiket dari program tersebut tidak dapat membatalkan keikutsertaan. Jika memutuskan tidak berangkat, maka tiket tersebut dianggap hangus.

Sementara pada masa mudik, Biwa mengatakan bahwa tidak ada kuota gratis penumpang dari Pelabuhan Belawan. Namun program cuma-cuma itu tersedia untuk keberangkatan dari Batam menuju Pelabuhan Belawan pada 7 April 2024 juga dengan KM Kelud.

“Pada tanggal itu ada 772 kuota mudik gratis dari Pelni dari Batam,” tutur Biwa.

Pelni Medan memperkirakan ada sekitar 40 ribu penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Belawan pada periode Lebaran 2024.

Pelni menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 pada 26 Maret sampai 26 April atau H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1445 Hijriah/2024. (Antara)

Komentar