Pj Gubernur Sumut dan Menpora Pastikan Persiapan PON 2024 Sesuai Jadwal

Sumut2297 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan, semua persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di 9 kabupaten/kota berjalan on the track. Pelaksanaan PON XXI juga masih sesuai jadwal yaitu 8-20 September 2024.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat mengikuti rapat persiapan PON dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Jumat (17/5/2024).

Hingga kini, persiapan sudah memasuki fase akhir. Sebagaimana diketahui, di Sumut ada 34 cabang olahraga dengan 527 nomor perlombaan yang akan dipertandingkan di 9 kabupaten/kota Sumut.

Setelah venue utama selesai sesuai target pada Juli 2024, akan diadakan uji coba sistem pendukung, SOP hingga kesigapan kepanitiaan. Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi prioritas PB PON wilayah Sumut, yaitu penyiapan SDM pendukung dan sosialisasi (campaign) meningkatkan kesadaran (awareness) mengenai PON pada masyarakat Sumut.

“Mari bersama-sama kita jadi tuan rumah yang baik, sukseskan bersama sama, apa yang kita bisa, mainkan,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menepis isu penundaan PON 2024. Ia melihat persiapan Pemprov Sumut, hingga saat ini sangat baik.

“Untuk Sumut, kami lihat Insya Allah, dari segi persiapan secara mayoritas sudah matang, tinggal di sisi-sisi lain sedikit saja yang perlu dikejar sampai September,” kata Dito.

Selain itu, Dito juga optimis venue utama selesai pada Juli 2024. Pada kunjungannya yang terakhir pada Maret lalu, progress sudah cukup baik. Ia pun optimis progress terkini pastilah cukup besar. Setelah venue selesai, akan digelar sebuah tes event.

“Tes event, tadi kita bahas, akan ada beberapa tes event di Sumut, salah satunya cabang atletik,” kata Dito.

Mengenai penganggaran, Dito menilai persiapan Pemprov Sumut sudah baik. Tinggal menambahkan apa yang kurang akan didukung oleh APBN. Untuk jumlahnya, akan disampaikan usai rapat bersama dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (R1)

Komentar