Puncak Arus Mudik Melalui Bandara Soetta Diprediksi Terjadi H-1 Lebaran

Nasional810 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan puncak arus penumpang mudik melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten terjadi pada H-1 Lebaran 2023.

“Proyeksi atau prediksi kami di angkutan Lebaran tahun 2023 ini, memperkirakan arus mudik akan terjadi pada H-1. Dengan jumlah penumpang pesawat kurang lebih 1.271 orang,” ujar Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Jumat (14/4/2023).

Ia menyebutkan berdasarkan data yang dihimpun, diperkirakan akan terjadi pergerakan penumpang sekitar 174 dengan peak pesawat sejumlah 1.271 pergerakan pesawat.

“Jumlah trafik penumpangnya itu diperkirakan akan naik 33 persen dari puncak arus mudik di tahun baru Tahun 2022,” katanya.

Untuk puncak arus balik Lebaran tahun ini diprediksikan terjadi pada H+7 dengan angka pergerakan pesawat sebanyak 1.203 penerbangan atau naik 23 persen daripada pergerakan tahun sebelumnya.

“Penumpangnya kurang lebih 171.349 (orang, red.) atau naik 27 persen,” ucapnya.

Ia mengungkapkan prediksi peningkatan tersebut bukan hanya mengacu pada arus mudik pada tahun sebelumnya, namun melihat tren berdasarkan libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

“Perbedaannya itu adalah di tahun ini pertama kalinya setelah pandemi COVID-19 dan mungkin tidak berlaku lagi protokol kesehatan,” ujarnya.

Selama masa mudik Lebaran tahun ini, pihaknya akan tetap mengawasi mengenai penerapan protokol kesehatan sesuai surat edaran (SE) aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPK).

“Maka dari sisi kesiapan personel, intensitas bandara, kami tetap melakukan prosedur-prosedur kesehatan seperti petugas yang menggunakan masker dan sarung tangan,” kata dia. (Inilah.com)

Berita Terkait:

  1.  Inilah 5 Maskapai Paling Aman dan Terbaik di Indonesia
  2. Hadapi Arus Mudik, ASDP Merak Tambah Dermaga Eksekutif
  3.  Pelni Catat 4.787 Pemudik Sudah Daftar Arus Balik Mudik Lebaran

Komentar