Resmi! Indonesia Masuk Pot 2 Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 Arab Saudi 2026

Sepakbola, Sport5993 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia hampir pasti masuk di pot 2 drawing kualifikasi Piala Asia U-23 Arab Saudi 2026 terhindar dari Vietnam maupun Qatar sebagai lawannya.

Menilik calon lawan Indonesia di Piala Asia U-23 Arab Saudi 2026 maka bisa dinilai jauh lebih ringan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Prestasi Timnas Indonesia diatas Vietnam maupun Qatar menjadi salah satu alasan mendapatkan lawan lebih mudah.

Dilansir dari Pikiran Rakyat.com, usai gelaran Piala Asia U-23 di Qatar 2024 maka AFC mempersiapkan gelaran yang sama di Arab Saudi 2026. Semua peserta akan mengikuti ajang tersebut melalui jalur kualifikasi termasuk Indonesia.

Para semifinalis di edisi sebelumnya juga harus mengikuti langkah Indonesia di babak tersebut. Kecuali Arab Saudi sebagai tuan rumah langsung lolos ke babak grup.

AFC biasanya akan membagi peserta yang terdiri dari 16 negara menjadi 4 pot dengan masing-masing ada 4 negara di tiap pot.

Pada kualifikasi kali ini Indonesia akan mendapatkan lawan-lawan yang relatif ringan lantaran Timnas asuhan Shin Tae Yong memiliki prestasi di Piala Asia U-23 2024.

Besar kemungkinan Indonesia akan masuk pot 2 bersama dengan 3 negara yang masuk perempat final.

Meskipun Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong lebih berprestasi jika dibandingkan Vietnam, Qatar, Korea Selatan karena masuk semifinal. Mereka akan masuk di pot 2.

Sementara pot 1 akan diisi oleh tuan rumah Arab Saudi, kemudian Jepang (juara 1), Uzbekistan (juara 2) dan Irak (juara 3).

Sementara pot 3 dan pot 4 akan diisi oleh negara-negara yang berada di urutan di bawah atau tidak lolos perempat final.

Melihat pembagian pot tersebut maka ada kemungkinan Indonesia akan bertemu dengan salah satu dari 4 negara di pot 1 (Arab Saudi, Jepang, Uzbekistan, Irak).

Namun Indonesia akan terhindar dari Vietnam, Qatar dan Korea Selatan karena berada di pot yang sama.

Meski demikian, Australia dan Thailand bisa menjadi lawan berat Indonesia di babak kualifikasi tersebut karena mereka berada di pot 3 atau pot 4.

Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Qatar memiliki prestasi luar biasa. Sebagai debutan langsung bisa melaju hingga babak semifinal.

Torehan kemenangannya pun terbilang apik karena berhasil mengalahkan Yordania, Australia dan Korea Selatan.

Potensi pembagian pot kualifikasi Piala Asia U-23 Arab Saudi 2026:

Pot 1:

Arab Saudi
Jepang
Uzbekistan
Irak

Pot 2:

Indonesia
Korea Selatan
Vietnam
Qatar

Maka menjelang kualifikasi Piala Asia U-23 Arab Saudi 2026 ada harapan tinggi pada prestasi Timnas Indonesia nantinya. Bahkan untuk menjadi juara.

Terlebih lagi Indonesia akan mendapatkan lawan yang lebih ringan karena masuk pot 2 kualifikasi Piala Asia U-23 Arab Saudi tak bertemu Vietnam. (R1)

Komentar