Sudah Dibeli Indonesia, Media Yunani Sebut Negara yang Membeli F-15EX Dianggap Beruntung Mendapatkannya

Nasional647 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Indonesia adalah negara yang resmi membeli F-15EX merupakan operator baru untuk menggunakan F-15.

Sebelumnya menurut Aviation Week, ada sekitar 7 negara yang mengoperasikan F-15. Namun, hanya ada sekitar 2 negara yang baru resmi membeli F-15EX.

Kemudian Indonesia adalah negara baru yang menjadi operator F-15 dengan langsung melakukan jet tempur F-15EX, merupakan versi tercanggih dari F-15.

Menurut laporan Defense News, Indonesia membeli F-15EX pada 21 Agustus 2023 lalu. Di bawah pengawasan Menhan Prabowo dan Pejabat Boeing Mark Sears, Indonesia menandatangani jet tempur F-15EX sebanyak 24 unit.

Indonesia kemudian langsung menjadi negara ke-8 sebagai operator F-15. Namun, keputusan Indonesia untuk membeli F-15EX tersebut masih ditinjau oleh pemerintah AS.

Meski kemungkinan terbesar adalah Indonesia akan disetujui mendapatkan versi terbaru jet tempur F-15 tersebut. Menurut keterangan F-15EX merupakan versi terbaru dan tercanggih dari varian F-15.

Tak hanya itu saja, Amerika juga telah memesan F-15EX sebanyak 144 unit untuk dijadikan jet tempur masa depan Angkatan Udara AS. Menurut situs berita Yunani, Metrosport, negara yang mendapatkan F-15EX dianggap beruntung.

Angkatan Udara USA (USAF) menyambut kedatangan versi terbaru ini, menurut laporan, jet tempur F-15EX pertama telah resmi memasuki gudang senjatanya.

Karena dianggapn sebagai sebuah perkembangan yang sangat positif untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuan armada. Menurut laporan, Angkatan Udara AS menjadi negara pertama pemilik pesawat tempur F-15EX.

Secara khusus, enam F-15EX yang tersisa akan dikirim ke Angkatan Udara AS pada tahun fiskal 2023.

Kemudian menjalani pengujian operasional, sedangkan pesawat tempur gelombang kedua dan ketiga akan memasuki layanan USAF masing-masing pada tahun fiskal 2024 dan 2025.

Tentu saja, pesawat tempur baru ini akan mampu membawa rudal udara-ke-udara, udara-ke-permukaan, serta rudal untuk menyerang sasaran dan ancaman angkatan laut.

Sementara perlu dicatat bahwa pesawat ini memiliki sistem peperangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi. Sehingga meningkatkan perlindungannya serta komunikasi yang lancar dengan pasukan sahabat di bidang operasi.

Perbaikan dibandingkan versi pesawat tempur sebelumnya juga mencakup apa yang disebut Advanced Missile and Bomb Ejection Rack yang dapat membawa hingga 22 rudal udara-ke-udara (AAM).

F-15EX merupakan varian tercanggih dari pesawat tempur Boeing F-15 Eagle/F-15E Strike Eagle hingga saat ini dan merupakan pesawat tempur dua kursi dengan kemampuan khusus AS.

Pesawat ini memiliki teknologi tercanggih yang dapat memberikan Angkatan Udara AS (USAF) keunggulan dan kemampuan yang mengubah permainan dalam pertempuran udara.

Pasalnya F-15EX akan menjadi pesawat tempur yang paling andal dan siap tempur melawan ancaman saat ini dan yang akan datang. (R1/ZonaJakarta)

Baca Juga:

  1. Negara Sebesar Indonesia Layak Dijaga Pesawat Tempur Canggih F-15 EX, Ini Kehebatannya
  2. Sederet Alutsista Canggih dan Modern akan Memperkuat TNI AU Setelah Rafale dan F-15 EX
  3. 36 Rafale akan Perkuat TNI AU, Siap Adu Kecepatan dan Performa dengan Su-35 dan F-15 EX
  4. Resmi! Indonesia Teken Pembelian 24 Unit Jet Tempur F-15EX
  5. Pengiriman Batch ke-2 F-15EX AS Jet Tempur Termutakhir, Segera Merapat ke Indonesia, Ini Jadwalnya

Komentar