Thailand Siapkan Fortuner dengan Performa Balap

Otomotif1635 x Dibaca

Bangkok, Karosatuklik.com – Toyota Fortuner adalah SUV ladder frame yang populer di Asia Tenggara termasuk Indonesia, yang biasa disandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport sebagai pesaing. Namun, berbicara mobil performa Toyota, Fortuner tak sering menjadi sorotan, walau memiliki versi setelan dari Gazoo Racing.

Pandangan itu berubah ketika Toyota Motor Thailand memperkenalkan Fortuner berdesain radikal yang dikenalkan sebagai konsep Hyper-F di gelaran pameran model custom Bangkok Auto Salon 2024 pada Rabu (26/6/2024).

Disitat dari Carscoops, konsep itu adalah hasil racikan anak perusahaan Toyota Group yang berbasis di Thailand, TCD Asia (Toyota Customizing & Development).

Fortuner telah mengalami transformasi ekstensif dengan body kit khusus yang mengubah eksteriornya menjadi lebih cocok untuk keperluan trek. Namun, jika mengharapkannya masih dapat memuat orang banyak dalam format 3 baris, itu tidak akan didapatkan karena terjadi pemangkasan untuk hanya menganut 2 baris yang memasukkan 4 bucket seat.

Tampilan fasianya dilengkapi gril dan intake udara besar, splitter depan, serta kap mesin berventilasi yang akan menyedot udara masuk lebih banyak untuk mendukung kinerja maksimal mesin berperforma. Di bagian samping terdapat side skirt yang dalam untuk turut serta menampung sistem pembuangan knalpot samping.

Sementara buritannya menampung diffuser belakang yang besar, spatbor yang lebar, dan spoiler belakang sebagai ekstensi aerodinamis. Pelek forged 22 inci yang lebih besar dan lebih ringan turut memperkuat tampilan mobil ini, sementara penambahan wheelbase dari Hilux Revo GR Sport 4×4 membuatnya lebih luas dari sebelumnya.

Mitsui Chemicals Jepang dan APRK Corporation juga akan memasok beberapa material teknologi tinggi TAFNEX CF/PP, bahan resin polipropilena yang diperkuat serat karbon yang akan dicetak 3D demi penghematan bobot.

Meski begitu, apa yang ada di balik kap mesin selongsong konsep ini masih menjadi misteri. Namun, Toyota Motor Thailand menjanjikan Hyper-F sebagai konsep SUV performa tinggi yang akan memberikan peningkatan performa sebanding dengan penampilan liarnya.

Sekilas Tentang Toyota Fortuner

Generasi Toyota Fortuner saat ini memulai debutnya pada tahun 2015, dan menerima facelift pada tahun 2020. Model ini dibangung di atas basis pickup Hilux untuk menciptakan SUV tiga baris ladder frame unggulan di pasar kawasan ASEAN.

Versi Fortuner paling sporty dan bertenaga saat ini adalah trim GR Sport. Selain posturnya yang lebih agresif, Fortuner GR Sport didukung oleh mesin turbodiesel 2,8 liter yang lebih bertenaga, menghasilkan tenaga 221 tenaga kuda dan torsi 550 Nm, setara dengan Hilux GR Sport spek Australia.

Baru-baru ini, divisi Gazoo Racing juga berniat untuk mengeluarkan SUV berperforma ke dalam lini produknya. Dan itu akan digarap dengan serius, bukan hanya dalam sentuhan trim semata seperti yang didapati Fortuner GR Sport.

Mereka kemungkinan akan menggarap penawaran SUV yang lebih berfokus pada jalan raya berdasarkan platform TNGA. (R1/Liputan6.com)

Komentar