Vivo Buka Pendaftaran Program Preview Android 14 untuk Pengguna X90 Pro

Teknologi1048 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Vivo X90 Pro diketahui saat ini telah mengadopsi Funtouch OS 13 berbasis Android 13 sebagai sistem operasinya.

Namun, bagi pengguna Vivo X90 Pro yang tidak sabar untuk merasakan Android 14 dan Funtouch OS 14, ada kabar baik. Sebab, mereka dapat bergabung dalam Program Preview Android 14 untuk X90 Pro.

Dilansir GSM Arena, Senin (18/9/2023), untuk mendaftar program ini, pengguna harus memastikan telah menjalankan firmware dengan versi 13.1.13.8.W30.V000L1 atau yang lebih tinggi.

Selanjutnya, buka menu “Settings” > “System Update” pada Vivo X90 Pro. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas dan pilih “Trial version.”

Setelah pengajuan disetujui, kamu dapat menginstal Funtouch OS 14 berbasis Android 14 dengan menavigasi ke menu “Settings” > “System Upgrade.” Vivo hanya memberikan kesempatan ini kepada 500 pendaftar tercepat.

Penting untuk dicatat, versi ini masih dalam tahap beta, sehingga kemungkinan memiliki bug yang dapat memengaruhi pengalaman kamu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemasangan di perangkat utama kamu.

Jika pengguna Vivo X90 Pro tetap ingin melanjutkan uji coba, disarankan untuk melakukan pencadangan data sebelum mendaftar. Proses pendaftaran sudah dibuka, dan update akan dirilis pada tanggal 18 September 2023.

Dengan bergabung dalam Program Pratinjau Android 14, kamu dapat menjadi salah satu pengguna pertama yang merasakan pembaruan tersebut.

Sayangnya, pembaruan ini baru dirasakan oleh pengguna di India, sehingga belum diketahui kapan pengguna global dapat ikut merasakannya.

Fitur Keamanan Baru di Android 14, dari Nonaktifkan Koneksi 2G hingga Enkripsi Jaringan

Di sisi lain, perilisan Android 14 yang akan datang bakal jadi kemajuan besar dalam hal keamanan seluler. Google pun telah mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan mempersulit hacker untuk mendekripsi komunikasi kamu dengan orang-orang di sekitar.

Salah satu perubahan paling signifikan di Android 14 adalah kemampuan untuk menonaktifkan konektivitas 2G. Pasalnya, kini, jaringan 2G dipandang sudah cukup tua dan tidak aman, serta masih didukung oleh banyak perangkat.

Kendati masih banyak perangkat yang menawarkan dukungan konektivitas 2G, sangat mudah bagi penyerang untuk menyusupi menara 2G dan mengganggu trafik.

Nah, dengan menonaktifkan konektivitas 2G, pengguna bisa secara signifikan mengurangi risiko jadi korban penyerangan.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Minggu (13/8/2023), fitur keamanan Android 14 adalah kemampuan untuk mempersyaratkan enkripsi bagi seluruh koneksi seluler.

Itu artinya, layanan suara (panggilan) dan trafik SMS kamu bakal selalu terenkripsi bahkan jika jaringan yang terhubung dengan ponsel tidak mendukung enkripsi. Fitur ini akan mempersulit penyerang untuk mengganggu komunikasi kamu.

Proteksi dari Malware

Sebagai tambahan dari dua fitur keamanan ini, Android 14 juga menyertakan sejumlah peningkatan keamanan lainnya. Misalnya, ada proteksi baru terhadap malware yang mencoba mencuri password atau data sensitif lain dari smartphone pengguna.

Ada pula fitur baru yang mempermudah pengguna mengontrol bagaimana data-data mereka dipakai oleh aplikasi-aplikasi.

Secara keseluruhan, Android 14 jadi lompatan besar dalam keamanan mobile. Jika kamu mencari ponsel yang aman, kamu bisa mempertimbangkan untuk memperbarui OS ke Android 14, saat software ini tersedia.

Tips Aman Android 14

Selain fitur-fitur keamanan yang baru di Android 14, ada sejumlah tips untuk membuat pengguna aman saat memakai Android. Apa saja?

  • Pakailah password yang kuat serta aktifkan two-factor authentication untuk semua akun online kamu.
  • Hati-hati terhadap aplikasi yang diinstal, pastikan hanya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya.
  • Pastikan untuk selalu update perangkat, dengan patch keamanan atau software terbaru.
  • Hati-hati dengan informasi yang kamu bagikan di dunia maya. Jangan bagikan informasi pribadi dengan orang-orang yang tidak kamu kenal, termasuk di media sosial.
  • Gunakan VPN ketika kamu mengakses jaringan WiFi publik. (Liputan6.com)

Komentar