Wakil Bupati dan Dandim Tanah Karo Tinjau Rencana Lokasi TMMD TA 2024 Kodim 0205 Tanah Karo: Pembukaan Jalan Mbal-Mbal Petarum – Paya Mbelang

Karo5077 x Dibaca

Laubaleng, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting dan Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Laubaleng, Kabupaten Karo, Selasa (23/01/2024).

Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk meninjau titik 0 pembukaan Jalan Mbal-Mbal Petarum – Paya Mbelang di kawasan Perjalangan Mbal-mbal Nodi yang direncanakan menjadi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2024.

Serta meninjau langsung kondisi aliran sungai Lau Mandin di Desa Mardinding yang rencananya akan dilakukan pelebaran sungai untuk mencegah terjadinya banjir yang sering menimpa Desa Lau Solu, Lau Mulgap dan Tanjung Pamah setiap musim hujan tiba.

Soal banjir yang diakibatkan air sungai meluap sudah lama menjadi keluhan warga sekitar. Sehingga, untuk mengatasinya akan dilakukan pelebaran sungai untuk mencegah terjadinya banjir yang sering menimpa Desa Lau Solu, Lau Mulgap dan Tanjung Pamah setiap musim hujan tiba, ungkap Theopilus Ginting dan Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti setelah melihat kondisi di seputaran aliran sungai tetsebut.

Direncanakan melalui program TMMD TA 2024 ini nantinya, masyarakat pedesaan dapat merasakan manfaat pembangunan yang dilakukan oleh TNI dan pemerintah daerah. “Program ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, membuka aksesibilitas yang lebih baik, serta memperkuat keterlibatan masyarakat dalam pembangunan wilayah mereka,” kata Wakil Bupati.

“Adanya program TMMD di Kabupaten Karo menunjukkan komitmen pemerintah dan TNI untuk mempercepat pembangunan di daerah pedesaan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,: pungkas Theopilus Ginting.

Senada dikatakan Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti. Menurut Dandim, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu implementasi dari tugas operasi militer selain perang yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Selain itu, TMMD juga membantu pemerintah di daerah dalam percepatan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan gotong royong bersama masyarakat, lanjutnya.

“TNI Manunggal Membangun Desa yang diprogramkan merupakan wujud pengabdian TNI berkolaborasi dengan lembaga lembaga terkait lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat, seperti yang akan dilakukan nantinya pada pembukaan Jalan Mbal-Mbal Petarum – Paya Mbelang di kawasan Perjalangan Mbal-mbal Nodi, dan kegiatan fisik lainnya yang direncanakan menjadi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA 2024 Kodim 0205 Tanah Karo,” ungkapnya.

Selain kegiatan fisik, sambung Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti, program TMMD nantinya juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi, seperti penyuluhan bela negara dari Kodim 0205/TK, Penyuluhan Kamtibmas dan bahaya Narkoba dari Polres Tanah Karo, Penyuluhan Kesehatan dari Dinkes Kesehatan Kabupaten Karo dan sosialisasi serta edukasi dari Dinas terkait lainnya.

Perlunya integrasi dan kolaborasi dari semua pihak, lintas sektoral untuk bersama-sama berperan dalam mensukseskan setiap sasaran kegiatan TMMD. “Kami berharap pelaksanaan program TMMD TA 2024 Kodim 0205 Tanah Karo ini nantinya bisa berjalan simultan dengan kolaborasi antara TNI-Polri, Pemkab Karo dan warga masyarakat yang tujuannya tidak lain adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lokasi sasaran TMMD, sebut Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Bupati Karo Cory Sebayang Apresiasi Tim Penertiban Mbal-mbal Nodi
  2. Pemkab Karo Dibackup TNI-Polri Berhasil Eksekusi Mbal-Mbal Nodi jadi Lahan Penggembalaan Umum
  3. Seluas 682 Hektar Kawasan Penggembalaan Umum Nodi, 176 KK “Penggarap” Segera Ditertibkan!
  4. Dalam 1 Bulan Pembuatan Jalan 2 Km Tuntas, Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan Apresiasi Karya TMMD ke 113
  5. Ditutup Pangdam I/BB, Bupati Cory Sebayang Apresiasi Karya TMMD ke-113 di Kabupaten Karo

Komentar