Ribuan Suporter Sepak Bola Sambut Skuat Garuda Muda Juara SEA Games 2023

Nasional16221 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Arak-arakan Timnas Indonesia juara SEA Games 2023 resmi berangkat dari Kemenpora di Jalan Pemuda, Senayan pada Jumat (19/5/2023) pagi diiringi ribuan suporter.

Kawasan Senayan, Jakarta sudah ramai sejak pukul tujuh pagi. Perlahan tapi pasti jumlah masyarakat yang hadir untuk mengikuti kirab medali emas ini semakin banyak seiring berjalannya waktu.

Dari pantauan di Kemenpora dan sekitarnya, tak kurang dari seribu orang siap mengikuti pawai. Mereka mengenakan seragam Timnas dan pernak perniknya.

Bedanya tidak ada yel-yel khas suporter tim sepak bola, seperti dilakukan pada Kamis (18/5) malam. Masyarakat menanti arak-arakan dengan tenang dan tertib. Mereka sangat antusias.

Rombongan Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 tiba di Kemenpora pukul 07.27 WIB. Garuda Muda menumpas bus Trans Jakarta dengan atap terbuka.

Tampak dalam rombongan arak-arakan tersebut semua skuad Timnas bersama para pelatih dan ofisial. Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan perwakilan anggota Komite Eksekutif turut hadir di atas bus menyapa para suporter.

Kedatangan rombongan Timnas ini disambut suporter dengan yel-yel dan nyanyian. Seakan tersihir dengan atmosfer yang ada, para pemain ikut riuh bernyanyi sambil berjoget dan berjingkrak.

Dalam konvoi itu skuad Timnas Indonesia U-22 mengenakan jersey hitam dengan lambang Tim Indonesia di dada. Ada pula yang mengenakan jaket merah hitam kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023.

Tepat pukul 08.47 WIB, rombongan arak-arakan Timnas Indonesia mulai berangkat dari Kemenpora. Barisan depan diisi pemotor bersama aparat kepolisian yang mengawal jalannya konvoi.

Setelah bus Timnas, ada rombongan atlet yang tampil di SEA Games 2023 lainnya dengan menggunakan kendaraan terbuka yang beragam. Sama seperti pemain Timnas, para atlet juga tampak antusias mengikuti konvoi.

Ribuan Suporter Sambut Timnas Indonesia 

Sebelumnya juga dikabarkan, ribuan suporter menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-22 yang baru tiba di Senayan, Jakarta, pada Kamis (18/5/2023) malam selepas berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Begitu bus yang ditumpangi Rizky Ridho dan kawan-kawan keluar tol Senayan, ribuan suporter sudah menyambut bus Timnas Indonesia. Para suporter menyalakan asap suar dan meneriakkan yel-yel khas Timnas.

Karena banyaknya suporter yang datang, laju bus Timnas pun sempat tersendat. Bus nyaris tidak bisa jalan selama beberapa menit karena antusiasme suporter yang datang menyambut.

Kepolisian yang berjaga akhirnya turun tangan. Mereka meminta suporter membuka jalan agar bus bisa segera sampai di Hotel Fairmont, tempat Timnas Indonesia U-22 menginap.

Namun upaya tersebut tidak berhasil. Suporter hanya bisa berjalan perlahan. Massa yang datang juga tak bisa dibubarkan karena sudah bergerombol “mengepung” bus timnas.

Karena situasi ini, beberapa pemain Indonesia U-22, salah satunya Pratama Arhan meminta suporter membuka jalan. Namun, tetap saja upaya tersebut tidak berhasil. Jalanan tetap lumpuh.

Akhirnya suporter dibiarkan tetap mengawal bus yang ditumpangi para pemain. Bus berjalan pelan dan perlahan sekali. Sambil berjalan suporter tak henti meneriakkan yel-yel sebagai ungkapan suka cita dan terima kasih.

Tepat pukul 22.20 WIB, bus biru yang ditumpangi Timnas Indonesia akhirnya sampai di hotel. Mereka langsung disambut perwakilan PSSI dan diarahkan ke ruang makan malam. (R1/CNNIndonesia)

Komentar