Buka Musrenbang RKPD 2023, Bupati Karo: Inovasi Daerah Sumber Peningkatan PAD dan Pemulihan Ekonomi Paska Pandemi

Karo1217 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Convention Hall Mikie Holiday Hotel dan Resort Berastagi, Selasa (22/3/2022).

Cory Sebayang mengungkapkan Musrenbang RKPD ini dilaksanakan guna menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2023 menjadi rancangan akhir RKPD 2023 dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Karo dan sinkronisasi prioritas pembangunan dengan aspirasi masyarakat sesuai dengan hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan se-Kabupaten Karo dan hasil-hasil forum gabungan perangkat daerah 2022.

Selain itu, kata Bupati dalam arahan dan sambutannya, melakukan sinkronisasi prioritas program, kegiatan, lokasi kegiatan dan pagu anggaran indikatif yang disusun oleh perangkat daerah yang bersifat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan, mempunyai dampak nyata, terukur dan langsung dirasakan masyarakat.

Musrenbang RKPD Kabupaten Karo 2023 mengusung tema “Optimalisasi Potensi Daerah Dalam Rangka Peningkatan PAD dan Pemulihan Ekonomi Mayarakat.”

Tema tersebut memiliki 6 point penting diantaranya:

1. Perwujudan tata kelola pemerintahan yang professional dan berdaya saing.

2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia.

3. Peningkatan daya saing perekonomian daerah berbasis pada sektor unggulan yang berkelanjutan.

4. Peningkatan iklim investasi yang kondusif.

5. Peningkatan pendapatan asli daerah.

6. Perwujudan ketersediaan infrastruktur yang baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berwawasan lingkungan.

Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Convention Hall Mikie Holiday Hotel dan Resort Berastagi, Selasa (22/3/2022).

Hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatian bersama, sambung Cory S Sebayang, bahwa pandemi Covid-19 ini telah memaksa kita bagaimana memanfaatkan anggaran dan sumber daya yang ada, agar pembangunan tetap berjalan dimasa sulit ini, sebutnya.

“Untuk itu dibutuhkan inovasi daerah sebagai salah satu cara meningkatkan PAD dan percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pesan Bupati.

Turut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Binsar Situmorang, M.Si, M.AP, Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Ika Hardina Lubis, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Ir. Brawijaya, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Benny Anggara Ambar Suworo, unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Karo, Davit Kristian Sitepu, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Karo, para Camat serta tamu undangan lainnya. (R1)