Bupati Buka Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pendidikan TA 2024 di Kabupaten Karo

Karo2195 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting bersama Forkopimda Kabupaten Karo secara resmi membuka Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Tahun Anggaran 2024 bertempat di Jambur Milala Mas, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Senin (06/05/2024).

Turut hadir, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting, Kepala Dinas Perhubungan Frolin Aleksander Perangin Angin SH, M.Si, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dra.Reh Jorena Purba dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo, Frans Leonardo Surbakti, S.STP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Natanail Perangin-angin SH, MAP, serta para Kepala Sekolah se-Kabupaten Karo.

Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Karo sekaligus Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 bertema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting membacakan sambutan tertulis Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang. Dalam sambutannya, Bupati menyebutkan, di era digital, segenap tantangan dan masalah dalam semua aspek terutama pendidikan terus berdatangan.

Memasuki Era Merdeka Belajar, Sistem Pendidikan sedang mendapat penyegaran. Pelan-pelan arah pendidikan pun mulai berubah dan semakin dekat dengan tujuan dan cita cita utama bangsa. Para guru dan sekolah kian akrab dengan teknologi, bahkan fasilitas dan proses digitalisasi pendidikan mulai terpenuhi.

“Berdasarkan UUD 1945, setiap anak berhak untuk mendapatkan kemerdekaan belajar, dan berhak atas kemudahan akses dalam belajar. Maka dibutuhkan kerjasama antara orangtua dan guru dengan para generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan,” sebutnya.

“Anak muda harus memimpin dirinya sendiri untuk terus maju, berinisiatif, menjadi penerobos, inovator dan kebermanfaatan terutama di bidang pendidikan,” kata Bupati Cory Sebayang.

Untuk itu, lanjutnya, para orang tua dan guru harus. memberikan pendidikan dan pengarahan serta bimbingan untuk para generasi muda melalui sekolah dan pendidikan awal di rumah, ujarnya.

“Dalam suasana Hari Pendidikan Nasional dan untuk seterusnya mari kita satukan niat, visi serta meninggikan rasa optimis dalam menebar manfaat untuk memajukan pendidikan di NKRI, khususnya di Kabupaten Karo,” imbuh Wakil Bupati Theopilus Ginting.

Menurut Bupati Karo dalam sambutan yang dibayakan Wakil Bupati, dengan kedisiplinan dan niat yang tulus, mudah mudahan cita cita tersebut bisa dicapai sebagai mana KI Hajar Dewantara pernah berkata “Dimana ada kemerdekaan disitu harus ada disiplin bersifat self disiplin yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras kerasnya” Dan Peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka,” ungkapnya.

Seusai menyampaikan kata sambutan Bupati Karo, Wabub Theopilus Ginting, didampingi jajaran Forkopimda dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Anderiasta Tarigan, AP, M.Si mengunjungi setiap stan pameran yang disiapkan oleh guru penggerak dan siswa sekolah per masing-masing kecamatan se Kabupaten Karo.

Tingkatkan Hubungan Lintas Sektor

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Anderiasta Tarigan mengatakan bahwa advokasi ini diharapkan agar implementasi kebijakan pendidikan dan kebudayaan lebih tersosialisasi kepada masyarakat sehingga dapat dinilai akuntabilitas, transparansinya dan keberlanjutannya di masa mendatang.

Selain itu, sambung Anderiasta Tarigan, Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Tahun Anggaran 2024 ini, untuk meningkatkan hubungan lintas sektor serta komitmen terkait dalam penyusunan kebijakan pengembangan strategi dan implementasi program pendidikan di Kabupaten Karo. Serta memastikan pendidikan sampai kepada masyarakat dan memberikan output yang diharapkan sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Karo, ungkap dia.

“Untuk itu, program ini merupakan salah satu prioritas yang perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dinas Pendidikan Kabupaten Karo memiliki tanggung jawab khususnya di bidang pendidikan yang dalam pelaksanaannya ada regulasi dan aturan (hukum), juga ada kebijakan yang harus diperhatikan semua pihak terutama oleh para kepala sekolah,” imbuhnya. (R1)

Baca Juga:

  1. Bupati Karo Minta Tenaga Pendidik Lebih Inovatif dan Kreatif Kembangkan Metode Pendidikan
  2. Inspiratif! Edy Suranta Ginting, Pelukis Asal Karo yang Sulap Sampah Jadi Lukisan Bernilai 200 Juta
  3. Peringatan Hardiknas 2024, Bupati Karo: Pemerintah Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Komentar