Bupati Cory Sebayang Sebut Karo Agro Expo 2023 Bakal Dihadiri Buyer Sejumlah Negara Luar, Peluang Cuan Bagi Petani

Karo875 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang survey kesiapan lokasi Agro Expo Tahun 2023 yang akan di laksanakan di Hotel Internasional Sibayak Berastagi, Selasa (21/11/2023).

Karo Agro Expo merupakan event pameran pertanian Kabupaten Karo berskaka besar yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian di Kabupaten Karo sehingga bisa memperluas pasar hasil pertanian dari Kabupaten Karo hingga ke mancanegara.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Karo akan menggelar Agro Expo pada 23-25 November 2023 di Hotel Sibayak, Berastagi.

Selain pameran hasil pertanian, akan ada seminar untuk mengedukasi petani-petani di Sumut, antara lain pembuatan pupuk organik, penggunaan media tanam arang aktif dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ir Metehsa Karo-karo bersama sejumlah Kepala OPD terkait dan petani peduli Karo menggelar survey kesiapan lokasi untuk meninjau langsung sejauh mana persiapan menjelang Agro Expo Tahun 2023.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang berharap event seperti ini harus didukung penuh secara bersama-sama, saling bersinergi dan berkolaborasi agar kegiatan Agro Expo Tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Ruang Pemasaran Produksi Petani Semakin Luas

Pada kesempatan ini, Cory Sebayang menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah mengundang pembeli dari Amerika, Tiongkok, Belanda, Singapura, Korea, Malaysia dan Thailand dengan harapan memperluas jaringan pasar hasil pertanian dari Kabupaten Karo.

“Ada beberapa negara kita undang dan mereka semua buyer – pembeli, Kita harap pasar hasil pertanian Karo semakin luas sehingga kesejahteraan petani semakin baik, ini potensi cuan bagi petani-petani kita dalam memperluas jejaring pasar,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Cory Sebayabg, juga mengatakan melalui event Karo Agro Expo 2023, penyelenggara juga akan memperkenalkan berbagai teknologi pertanian kepada para petani di Kabupaten Karo, sehingga para petani bisa mengurangi biaya produksi dengan hasil yang lebih besar serta memahami pentingnya menjaga kualitas tanaman.

“Kita juga akan memperkenalkan teknologi pertanian kepada petani kita di sana, teknologi yang mampu menghemat tenaga, cost dan hasil yang lebih besar,” tambah Cory Sebayang.

Mencintai Produk Lokal

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Ir Metehsa Karo-karo menambahkan, pameran pembangunan pertanian atau Karo Agro Exspo 2023 ini merupakan upaya nyata agar hasil pertanian petani kita semakin dikenal. Sekaligus mempromosikan hasil produksi pertanian oleh kelompok tani, dan gabungan kelompok tani kepada masyarakat luas maupun kepada sejumlah negara luar.

“Pameran pertanian ini harus terus dioptimalkan. Karena jika kita mencintai produk yang dihasilkan masyarakat sendiri, nilai produk lokal akan menjadi meningkat,” ucapnya.

Lebih lanjut kata dia, pameran ini juga sebagai ajang mendekatkan dan mempertemukan produsen dengan konsumen. Diharapkan bisa menciptakan ruang pemasaran yang semakin luas.

“Di samping itu, gelaran event pameran ini juga memiliki tujuan utama agar ekonomi petani tetap berputar. Melalui penyediaan fasilitas akses untuk pemasaran produk yang lebih jelas bagi petani. Termasuk menjadi wadah untuk memberdayakan para petani dalam menjual hasil pertaniannya,” ungkapnya. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Stand Pameran Pemkab Karo di Agroexpo Malaysia 2023 Ramai Dikunjungi, Pengusaha Negara-negara Sahabat Tertarik Berinvestasi ke Kabupaten Karo
  2. Pj Gubernur Sumut Dukung Karo Agro Expo 2023, Cory Sebayang: Bakal Dihadiri Pembeli dari Amerika, Tiongkok, Belanda, Singapura, Korea, Malaysia dan Thailand
  3. Terima Kunjungan Rombongan Diaspora Indonesia-Australia, Bupati Karo Minta Promosikan Pertanian dan Pariwisata

Komentar