Festival Bunga dan Buah Karo 2024, Bupati Cory Sebayang: Dibuka Pj Gubsu dan Hari Kedua Dikunjungi Menteri Sandiaga Uno

Karo5771 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang pastikan persiapan Festival Bunga dan Buah Karo Tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Taman Mejuah-Juah, Berastagi. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan semua aspek acara sebelum festival dibuka pada tanggal 4 – 6 Juli 2024.

Bupati memastikan persiapan mulai dari lokasi utama festival, kesiapan panggung, dan pengaturan acara yang akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Selain itu, Ia juga memeriksa stan UMKM yang akan berpartisipasi dalam festival ini serta memastikan area di Taman Mejuah-Juah terlihat bersih dan tertata rapi.

Dengan target pengunjung sebanyak 80.000 orang, Festival Bunga dan Buah 2024 ini diharapkan menjadi acara yang besar dan berkesan bagi warga Karo dan pengunjung dari berbagai daerah.

Pembukaan pada tanggal Kamis 4 Juli akan dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara, H. Agus Fatoni, M.Si, sedangkan pada hari kedua acara akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Festival Bunga dan Buah Karo Tahun 2024 di Taman Mejuah-Juah, Berastagi, diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Karo serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyebutkan gelaran event festival bunga dan buah di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menjadi momentum kebangkitan pariwisata di daerah ini.

“Besar harapan saya festival bunga dan buah tahun 2024 ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Karo,” ujarnya.

Ini Deretan Acara yang Bakal Meriahkan Festival Bunga Buah Karo 2024

Sementara, berdasarkan keterangan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Karo, Suherdi Tarigan, secara umum di pelaksanaan Festival Bunga dan Buah Karo tahun ini memiliki kegiatan yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau kegiatan secara umum hampir sama, tapi ada kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tentunya setiap tahun kita ingin ada suatu yang beda, sehingga ditunggu oleh masyarakat dan wisatawan,” ujarnya.

Dijelaskan Suherdi, untuk hari pertama kegiatan akan diisi oleh rangkaian festival mobil hias dan pawai puluhan kontingen dari peserta dari berbagai kalangan.

Selanjutnya, di hari yang sama akan digelar perlombaan tari kolosal dari berbagai sanggar seni yang ada di Kabupaten Karo.

“Untuk lokasi penyambutan para peserta pawai, direncanakan akan ditempatkan di depan Kantor Dinas Pariwisata. Tapi untuk lokasi acara keseluruhan, dilaksanakan di Taman Mejuah-Juah, nanti di sana lokasi tari kolosal untuk menerima tamu VIP,” ucapnya.

Selanjutnya, di hari kedua kegiatan diisi dengan berbagai hiburan yang akan menampilkan beberapa pertunjukan.

Selain itu, pihaknya juga kembali menyajikan festival makan buah gratis yang akan dilaksanakan di Open Stage Taman Mejuah-Juah.

Kemudian, di hari terakhir kegiatan akan diramaikan dengan adanya perlombaan membuat landmark dengan bahan dasar rangkaian bunga.

Dirinya menjelaskan, kegiatan inilah yang merupakan hal baru di pelaksanaan event Festival Bunga dan Buah dimana setiap kelompok diberikan kesempatan merangkai bunga dengan dimensi atau ukuran 2×2 meter.

“Inilah yang menjadi pembeda, ini juga untuk memicu para generasi muda kita untuk berkreasi. Karena kita tau, daerah kita selain penghasil buah dan sayur juga memiliki kualitas bunga yang baik, sehingga potensi inilah yang kita jadikan pembeda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, khusus untuk karnaval mobil hias selain akan diikuti oleh kontingen dari Kabupaten Karo, para peserta juga nantinya diundang dari beberapa daerah tetangga.

Pembeda lainnya, dikatakan Suherdi, nantinya pihaknya meminta kepada peserta pawai menghias kendaraannya dengan tema go green. (R1)

Baca Juga:

  1. Pemkab Karo Ajak Masyarakat Meriahkan Festival Bunga dan Buah Karo 4-6 Juli 2024 di Berastagi
  2. Festival Bunga Dan Buah 2024, Bupati Cory Sebayang Sebut Momentum Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Karo
  3. Festival Bunga dan Buah Digelar 4-6 Juli 2024 di Berastagi: Bupati Karo Minta Panitia Bekerja Profesional, Kemasan Acara Lebih Kreatif dan Produktif

Komentar