oleh

Jokowi Akan Gigit Pelaku Korupsi Dana Bantuan Covid-19

Jakarta, Karosatuklik.com – Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara (JPB) terjerat dugaan kasus korupsi bantuan sosial (bansos) paket sembako untuk pengananan di Jabodetabek.

Kasus ini mengingatkan kembali tentang ancaman Presiden Joko Widodo () ke pelaku korupsi bansos Covid-19.

Saat memimpin upacara HUT ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Rabu 1 Juli 2020, Jokowi memerintahkan dan penegak hukum lainnya bersinergi dalam mengawasi dana penanganan Covid-19 yang mencapai Rp695,2 triliun.

Jika ada niat buruk untuk menilap duit tersebut, Jokowi mempersilakan penegak hukum untuk “mengigit” oknum yang melakukannya.

Kalau ada potensi masalah segera ingatkan. Tapi, kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi ada mens rea ya harus ditindak.

“Digigit saja apalagi dalam situasi krisis sekarang ini tidak boleh ada satupun yang main-main,” tegas Kepala Negara.

Pelaku Korupsi Dana Bantuan Covid-19

Jokowi ingin para penegak hukum lebih proaktif mengawasi anggaran Rp695,2 triliun tersebut. Namun demikian, aspek pencegahan harus dikedepankan dalam sistem pengawasan ini.

Baca Juga :  KPK Sita Koper Berisi Rp 2 Miliar, Diduga untuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Begini Kronologisnya

Saya juga perintahkan kepada jajaran Polri, Kejaksaan, , dan lembaga pengawas internal pemerintahan untuk terus memperkuat sinergi memperkuat kerjasama.

“Pelaksanaan program penanganan Covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya,” tuturnya.

“Alokasi dananya cukup besar yaitu Rp695,2 triliun dan bahkan bisa lebih besar lagi jika diperlukan. Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan. Jangan menunggu sampai terjadi masalah,” tegas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Juliari telah menyerahkan diri pukul 02.50 WIB, Minggu (6/12/2020). Saat tiba di Gedung KPK, dia mengenakan jaket hitam, topi, lengkap dengan .

Ia enggan angkat bicara ihwal penetapan tersangka terkait kasus dugaan suap pengadaan paket sembako bansos untuk penanganan Covid-19 di Jabodetabek.

Berdasarkan informasi yang kami terima, tersangka JPB telah menyerahkan diri ke KPK hari ini, tadi pagi jam 02.50 WIB.

“Saat ini, yang bersangkutan telah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim penyidik KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui rekaman yang diterima, Minggu (6/12/2020). (Okezone.com)

Komentar

Topik Terkait