Kapolda Sumut Beri Penghargaan ke Polisi yang Tangkap Samsul Tarigan

Sumut2619 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi memberikan penghargaan ke sejumlah personel polisi dan TNI yang berhasil mengungkap sejumlah kasus menonjol di Sumut. Salah satunya, kepada anggota polisi yang menangkap bandar narkoba Samsul Tarigan.

Penghargaan atas penangkapan Samsul Tarigan itu diberikan kepada personel Satreskrim Polrestabes Medan Iptu Sujiwo Satrio Priono bersama dengan timnya. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Irjen Agung.

Selain itu, Irjen Agung juga memberikan penghargaan kepada personel yang menangkap anggota Bawaslu Medan Azlansyah Hasibuan di kasus pemerasan caleg. Penghargaan itu diberikan kepada personel Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumut Aipda Bambang Handoko dan rekan-rekannya.

“Pemberian penghargaan ini adalah tindakan besar yang dilakukan oleh personil Polri dan TNI untuk kemudian memberikan kepastian bahwa negara ini memiliki aparat yang tangguh, aparat yang ikhlas dalam bertugas. Apa yang sudah kalian lakukan adalah hal yang besar. Suatu saat kalian semua akan bangga pada apa yang sudah kalian lakukan,” kata Agung, Sabtu (30/12/2023) malam.

Jenderal bintang dua itu berharap para anak buahnya itu semakin giat dalam menjaga keamanan masyarakat. Menurutnya, masyarakat Sumut membutuhkan polisi yang tangguh.

“Jangan berhenti di sini, karena negara masih memanggil kita semuanya untuk bertugas lebih baik di masa akan datang. Masyarakat Sumut membutuhkan kalian semuanya dan yang hadir di sini. Profesi kita, profesi yang mulia. Profesi yang memberikan kita kebanggaan, kepuasan dan memberikan kita kehidupan yang lebih baik,” jelasnya.

“Saya berpesan untuk kita menjaga institusi negara dari perbuatan-perbuatan yang tercela. Dijaga dari pengaruh yang buruk. Terus kita lakukan tugas ini dengan semangat, keikhlasan, dan gelora tinggi karena kita tidak bisa bekerja dengan cara pelan-pelan, kita harus berlari, mengejar, mengangkat yang lebih berat lagi, karena tugas-tugas yang berat di luar sana masih banyak yang harus kita kerjakan,” sambung Agung.

Mantan Kapolda Riau itu mengatakan pada penghargaan kali ini, ada total 23 perwakilan personel yang mendapatkan penghargaan. Dari total tersebut, dua di antaranya merupakan anggota TNI yang ikut berpartisipasi dalam pengungkapan kasus menonjol tersebut. Agung berharap ke depan akan semakin banyak personel yang mendapatkan penghargaan.

“Hari ini, kita mendapatkan 23 yang mewakili dari teman-teman yang lain. Saya yakin akan lebih banyak yang berprestasi di masa akan datang,” pungkasnya.

Berikut data lengkap personel yang mendapatkan penghargaan:

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa. Fathir bersama sejumlah personel lainnya berhasil melakukan pengungkapan kasus perjudian, narkoba di Key Garden serta menangkap pelaku pembunuhan wanita di Jalan Pelajar dan pembunuhan tukang kusuk di T Amir Hamzah.

Kasubnit 1 Unit 1 Satreskrim Polrestabes Medan Ipda Regi Putra Manda, berhasil mengungkap kasus pembunuhan wanita di Jalan Pelajar Timur.

Basatreskrim Polrestabes Medan Briptu Togu Franshery Malau. Dia dan rekan-rekannya berhasil menangkap pelaku pembunuhan tukang kusuk di Jalan T Amir Hamzah.

Kanit 1 Satresnarkoba Polrestabes Medan Iptu Ruspian bersama rekan-rekannya diberi penghargaan karena berhasil menggagalkan peredaran 120 kg sabu-sabu.

Kanit 2 Satresnarkoba Polrestabes Medan Iptu Heryadi dan personel lainnya berhasil mengungkap peredaran narkoba dengan barang bukti 65 kg sabu-sabu.
Kanit 3 Satresnarkoba Polrestabes Medan Iptu Habibi Salosa berhasil menggagalkan peredaran 15 ribu butir pil ekstasi.

Personel Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumut Aipda Bambang Handoko dan rekan-rekannya berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) ke anggota Bawaslu Medan Azlansyah.

Kanit 5 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Sumut Kompol Jama Kita Purba dan personel lainnya diberi penghargaan karena berhasil mengungkap kasus migas di wilkum Polres Pelabuhan Belawan.

Personel Satreskrim Polrestabes Medan Iptu Sujiwo Satrio Priono karena telah berhasil menangkap DPO Samsul Tarigan.

Kasubbagmutjab Bagbinkarro SDM Polda Sumut Kompol Stevie Arnold Rampengan diberi penghargaan karena berhasil mengungkap ladang ganja seluas 150 hektare di Kabupaten Madina.

Penghargaan ini juga sekaligus diberikan kepada lima personel lainnya, yakni PS Kasi Intel Satbrimob Polda Sumut AKP Abdul Hakim Harahap, Kanit Opsnal Siiintel Satbrimob AKP Budi Naibaho, serta Pama Polda Sumut Ipda Harry Permana Putra, Ipda Seiman dan Ipda Retno Sugianto.

Letda Jonni Simamora Danton III Kipan B Yonif 123/Rajawali KOREM 023/KS yang turut membantu dal pengungkapan ladang ganja seluas 150 hektare di Madina.

Ba Ditintelkam Polda Sumut Bripka Boy Saputra Siregar diberi penghargaan karena melakukan penggalangan dengan giat pembinaan terhadap mahasiswa dan pelajar asal Papua di Sumut.

Ba Ditsamapta Polda Sumut Briptu Muhammad Amaldy Tarigan diberi penghargaan karena ikut dalam pencegahan kejahatan dengan giat patroli preventif ke daerah rawan gangguan Kamtibmas di Kota Medan Panit 1 Unit 1 Sat PJR Ditlantas Polda Sumut Ipda Kurniawan Hulu atas dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan pengawalan dan patroli jalan raya di Kota Medan.

Bhabinkamtibmas Medan Petisah Aiptu Irwan Silitonga karena menjadi pionir dalam kegiatan pembinaan masyarakat pada giat pemberantasan narkoba
Bhabinkamtibmas Polsek Percut Sei Tuan Bripka M Hendrawan Bakti karena menjadi pionir dalam kegiatan pembinaan masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Percut Sei Tuan Bripka M Hendrawan Bakti karena menjadi pionir dalam kegiatan pembinaan masyarakat.

Serda Syaiful Anwar, Babinsa Koramil 05 Serbelawan Kodim 0207 Simalungun yang tewas kecelakaan saat patroli Operasi Lilin Toba 2023.

Banom Bagbinopsroops Polda Sumut Noga Kurniawan karena menjadi operator penyiapan rencana operasi dan pelaksanaan operasi di wilayah Polda Sumut. (Dtc)

Baca Juga:

  1. Kapolda Sumut Komitmen Berantas Narkoba Hingga ke Akar
  2. Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Gerebek Barak Judi dan Narkoba di Kutalimbaru
  3. Sempat Dihadang Massa, Tim Gabungan Segel Diskotik Sky Garden Deliserdang

Komentar