Kapolres Dampingi Wakil Bupati Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Karo

Karo2237 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo diwakili Wakil Bupati Theopilus Ginting secara resmi melepas 14 orang calon jemaah haji (CJH) dan 1 orang ketua kloter asal Kabupaten Karo di Masjid Agung Jl Veteran Kabanjahe, Kamis (16/5/2024).

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, turut didampingi Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, Kasdim 0205/TK Mayor CBA Jony Siboro serta Kepala Kantor Kemenag Karo, Dr Mustapid, MA dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Karo, Caprilus Barus.

Selain itu, Theopilus Ginting juga berharap CJH bisa saling membantu antara satu dan lainnya karena CJH yang mayoritas dari kaum lanjut usia, tentunya akan lebih banyak membutuhkan bantuan.

Tak lupa, Wabub Theopilus Ginting berpesan agar para CJH asal Kabupaten Karo bisa menjaga kebersamaan agar setiap tahapan ibadah haji dapat diikuti dengan baik sehingga akan kembali ke tanah air dengan predikat sebagai haji mabrur.

Menjaga kondisi kesehatan, kata Wakil Bupati, juga diharapkan menjadi perhatian para CJH karena kondisi cuaca yang dilaporkan dalam kondisi panas, khususnya di Arab Saudi.

Senada disampaikan Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi, berpesan kepada para calon jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan, mengingat 40 hari menjalani ibadah haji nantinya, memerlukan fisik dan mental yang kuat.

“Saya titip pesan supaya bapak dan ibu tetap sehat dalam menjalani ibadah, berangkat 14 orang pulang juga lengkap 14 orang,” imbuh Kapolres.

Tak hanya itu, AKBP Wahyudi, juga berpesan kepada petugas yang membawa rombongan agar memperhatikan jemaah dengan baik.

Terakhir, Wakil Bupati didampingi Kemenag Karo, Dr Mustapid dan jajaran Forkopimda secara resmi melepas rombongan dan langsung berangkat ke Asrama Haji Medan dengan pengawalan dari Satlantas Polres Tanah Karo.

Tradisi Tepung Tawar dan Njujungi Beras Piher

Sebelumnya jufa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melaksanakan tepung tawar terhadap jamaah calon haji/hajjah (Calhaj) asal Kabupaten Karo yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah pada musim haji Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Aula Lantai III, Kantor Bupati Kabupaten Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Senin (13/5/2024).

Pelepasan secara tradisi budaya menyiratkan satu hal penting bahwa prosesi ibadah haji dapat bersandingan harmonis bersama implementasi nilai moderasi beragama karena mengandung penghargaan terhadap khazanah budaya lokal. (R1)

Berita Sebelumnya: Pemkab Karo Melepas 14 Jamaah Haji dengan Tradisi Tepung Tawar dan Njujungi Beras Piher

Komentar