Pemkab Karo Melepas 14 Jamaah Haji dengan Tradisi Tepung Tawar dan Njujungi Beras Piher

Karo1587 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melaksanakan tepung tawar terhadap jamaah calon haji/hajjah (Calhaj) asal Kabupaten Karo yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah pada musim haji Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Aula Lantai III, Kantor Bupati Kabupaten Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Senin (13/5/2024).

Pelepasan secara tradisi budaya menyiratkan satu hal penting bahwa prosesi ibadah haji dapat bersandingan harmonis bersama implementasi nilai moderasi beragama karena mengandung penghargaan terhadap khazanah budaya lokal.

Tradisi ini juga memiliki makna yang dalam dan kuat sesuai semangat kearifan lokal yang terus dipertahankan di tengah gempuran deras budaya asing.

Hal itu terlihat jelas, saat Wakil Bupati Theopilus Ginting mewakili Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menggelar tepung tawar sekaligus “Njunjungi Beras Piher” kepada calon jemaah haji asal Kabupaten Karo.

Acara tersebut dihadiri Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, Kakan Kemenag Karo, H. Mustapid, M. A, dan mewakili Kajari Karo dan Dandim 0205/TK serta para ASN dan pimpinan OPD Pemkab Karo lainnya.

Sebanyak 14 orang jemaah haji ditepung tawari oleh Forkopimda Karo, sebagai tradisi bentuk syukur dan doa selamat kepada jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Pada arahan dan sambutannya, Wakil Bupati Theopilus Ginting mengatakan melalui moment yang indah ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Karo, pribadi dan juga seluruh masyarakat Kabupaten Karo, kami mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji, dan kami senantiasa medoakan saudara-saudara sekalian khususnya para Calon Jemaah Haji agar tetap diberikan kekuatan jiwa dan raga serta kesehatan selama menjalankan ibadah suci ini, sebutnya.

Untuk itu, sambung Theopilus Ginting, mengingat bapak/ibu akan melakukan perjalanan panjang dan jauh, serta beribadah yang memerlukan fisik yang prima maka pada kesempatan ini kami selaku Pemkab Palas memberikan upah-upah dan tepung tawar supaya bapak ibu senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan memberi ketenangan hati.

Dirinya juga berharap para jamaah calon haji/hajjah nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar serta tetap menjaga kesehatan.

“Harapan kami Forkopimda Karo, selaku koordinator penyelanggara Ibadah Haji Kabupaten Karo, kiranya bapak dan ibu yang berangkat haji dapat melaksanakan ibadah haji yang mabrur dan tetap diberikan kesehatan sampai pulang kembali ke Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, berpesan kepada para calon jemaah haji agar saling menjaga diri dan menjaga kesehatan dengan baik serta tetap ikuti prosedur yang diarahkan petugas penyelenggara haji.

“Saya titip pesan supaya bapak dan ibu tetap sehat, berangkat 14 orang pulang juga lengkap 14 orang,” pesan orang nomor satu di Mapolres Tanah Karo itu.

Mengingat jemaah yang juga sudah dalam kalangan lanjut usia (Lansia), Kapolres juga juga berpesan kepada tim yang membawa rombongan nantinya agar memperhatikan jemaah dengan baik. (R1)

Baca Juga:

  1. Calon Jemaah Haji Kabupaten Karo 40 Persen Lansia Dilepas Bupati Cory Sebayang
  2. Pemkab Karo Melepas Jamaah Haji dengan Tradisi Tepung Tawar dan Njujungken Beras Piher
  3. Njujungi Beras Piher Calon Jemaah Haji Kabupaten Karo, Theopilus Ginting: Disiplin Prokes dan Pola Hidup Sehat

Komentar