Kereta Cepat Jakarta-Bandung Angkut 1.700 Penumpang di Hari Pertama Uji Coba Gratis

Nasional416 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Uji coba gratis kereta cepat Jakarta-Bandung nampaknya disambut baik oleh masyarakat. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pada hari pertama uji kereta cepat mengangkut 1.700 penumpang.

Kereta api (KA) cepat relasi Jakarta-Bandung mengangkut 1.700 penumpang di hari pertama uji coba operasional yang dilakukan pada Jumat (15/9).

“Uji coba operasional KA cepat dengan penumpang berjalan lancar Jumat, 15 September 2023. Sebanyak 1.700 masyarakat dari berbagai wilayah melakukan perjalanan KA cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya. Uji coba operasional KA cepat dengan penumpang ini menjadi salah satu bagian persiapan jelang operasi KA cepat secara penuh,” kata Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa dikutip dari Antara, Sabtu (16/9/2023).

Adapun, 1.700 penumpang yang mengikuti perjalanan KA cepat itu terbagi dalam empat jadwal perjalanan Stasiun Halim, Jakarta Timur-Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung pulang pergi (PP).

Jadwal Perjalanan PP

Eva mengatakan selama masa uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang, KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan PP sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023 dengan jadwal, yakni relasi Stasiun Halim-Tegalluar PP: pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB dan relasi Stasiun Tegalluar-Halim PP: pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Secara keseluruhan, lanjut KCIC, uji coba operasional KA cepat bersama masyarakat di hari pertama berjalan dengan lancar aman dan tanpa kendala.

Masyarakat Antusias

Menurut dia, masyarakat sangat antusias mengikuti perjalanan KA cepat relasi Stasiun Halim-Tegalluar dan sebaliknya. Situasi perjalanan KA cepat selama uji coba bersama penumpang yang digelar Jumat ini juga sangat kondusif. Semua aspek pada kegiatan uji coba operasional berjalan sesuai dengan rencana.

“Pada perjalanan tersebut masyarakat juga mengungkapkan rasa kagum dan penasaran untuk menggunakan KA cepat serta memberikan dukungan positif dari kehadiran KA cepat berteknologi tinggi sebagai moda transportasi publik. Pada uji coba yang berlangsung perjalanan Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim menuju Tegalluar dicapai dalam waktu 46 menit,” ujar Eva.

Eva juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan uji coba tersebut, seluruh masyarakat yang terdaftar dalam manifes penumpang mendapat perlindungan asuransi perjalanan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan penumpang.

Kenalkan Moda Transportasi Baru

Adapun, ucap dia, kegiatan uji coba operasional KA cepat dengan penumpang merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan moda transportasi kereta cepat kepada masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat akan mengenal KA cepat dan diharapkan bisa menjadi pengguna KA cepat di masa depan.

“Selain menikmati perjalanan KA cepat, masyarakat juga bisa melihat-lihat suasana area Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk hari pertama uji coba operasional KA cepat, masyarakat yang dilibatkan ialah masyarakat di sekitar trase KA cepat dan pemangku kepentingan terkait.

“Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba operasional KA cepat, KCIC akan membuka pendaftaran secara umum pada Sabtu, 16 September 2023 melalui media informasi resmi salah satunya akun @keretacepat_id sehingga masyarakat yang antusias ingin mengikuti perjalanan KA cepat nantinya dapat mendaftar secara mandiri,” kata Eva. (Liputan6.com)

Berita Terkait:

  1. Jika Sumatera Terhubung Kereta Api Cepat, Ini Waktu Tempuh Medan – Bandar Lampung
  2. Pertama di Asia Tenggara, Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023
  3. Stasiun Kereta Cepat di Halim Terintegrasi LRT Jabodebek, BRT, hingga Shuttle

Komentar