oleh

Kombinasi Dua Warna, KTM RC 8C 2022 Makin Berani

Jakarta, Karosatuklik.com resmi merilis motor baru yang khusus digunakan untuk di sirkuit. Dinamakan KTM RC 8C 2022, sportbike ini terinspirasi dari motor KTM di ajang Moto2, dengan mengusung tenaga hingga 128 dk dan bobot cuma 140 kg.

KTM RC 8C dibuat terbatas hanya 100 unit. ini menggunakan sasis yang mirip Moto2 dengan bentuk tubular. Sementara lengan ayunnya memakai swingarm besutan Kramer dan knalpotnya pakai merek Akrapovic bermaterial titanium.

Soal jantung pacu, KTM RC 8C menggunakan mesin kompak 2 silinder, LC8c, DOHC, 8 katup, berkapasitas 889cc seperti yang digunakan oleh Duke R 890. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimal sekitar 128 dk dan torsi 101 Nm.

Menariknya, dengan tenaga sebesar itu, motor ini hanya memiliki bobot sekitar 140 kg. Artinya, rasio power-to-weight motor ini mendekati 1:1, sehingga mampu menghasilkan performa maksimal di lintasan balap.

Secara desain, KTM RC 8C tampil dengan eksterior yang sangat sporty dan racy. Motor ini menggunakan warna orange khas KTM yang berani, dikombinasi warna hitam yang menampilkan kesan gahar.

Baca Juga :  Natasha Wilona Kaget saat Verrell Bramasta Mengungkap Niatan untuk Menikahinya

Motor ini juga mendapatkan tambahan part aerodinamis yang menempel di bagian fascia.

Beralih ke sektor kaki-kaki, suspensi depan memakai model Upside Down WP Apex Pro berdiameter 43 mm, sedang suspensi belakangnya menggunakan model monoshock WP Apex Pro.

Sementara peleknya pakai ukuran 17, yang dibalut ban profil 120/70 di depan dan 180/60 di belakang. Untuk menghentikan laju kedua roda itu, ada rem Brembo spesifikasi balap yang disematkan.

Lanjut ke bagian dasbor, motor ini menggunakan panel instrumen AIM MXS 1.2 RACE, dengan layar TFT 5 inci. Panel instrumen tersebut bisa menyajikan berbagai informasi, termasuk melakukan fungsi GPS data logger.

Di pasaran, sportbike dengan spek track only saat ini diisi oleh Yamaha YZF-R6 dan Trofeo RS 660 dan RSV 4. Hadirnya, KTM RC 8C tentunya akan semakin menambah banyak pilihan konsumen yang menginginkan motor untuk kebutuhan di sirkuit balap.

Baca Juga :  Segera Mengaspal di Indonesia: All-New Nissan LEAF

Oiya, kabarnya KTM RC 8C akan dijual dengan banderol USD 38.999 atau setara Rp 566,8 juta. (R1/Dtc)

Komentar

Topik Terkait