Kondisi Parit dan Jalan di Pusat Pasar Kabanjahe Sering Banjir Saat Hujan, Bupati Karo: Segera Diperbaiki!

Karo1729 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang turun langsung untuk meninjau kondisi Pusat Pasar Kabanjahe, Jumat (07/06/2024). Dalam kunjungannya, Bupati tidak hanya menyapa masyarakat, tetapi juga berdialog dengan para pedagang yang berada di pasar tersebut.

Dalam kunjungannya ke Pusat Pasar Kabanjahe Bupati didampingi sejumlah Kepala OPD, diantaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo, Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kepala Bappedalitbang, Ir Nasib Sianturi, MSi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karo, Hendrik Tarigan

Dalam kesempatan itu, Bupati Cory Sriwaty Sebayang mengamati kondisi fasilitas pusat pasar, terutama parit dan jalan. Pasalnya, menurut keluhan pedagang, setiap hujan jalan utama di pusat pasar banjir dan becek.

Luapan air ke permukaan diakibatkan drainase yang tak berfungsi dengan baik. Banyak drainase seputaran pusat pasar yang mengalami penyempitan. Hal itu disebabkan banyak faktor.

Mulai dari sampah atau limbah pedagang, kurangnya perawatan hingga penyempitan drainase.

Tak hanya itu, drainase juga tidak diperhatikan oleh masyarakat, sehingga terjadi penyumbatan yang mengakibatkan banjir saat hujan.

Menyadari perlunya perbaikan mendesak, Bupati memerintahkan dinas terkait untuk dilakukan tindakan rehabilitasi agar pusat pasar dapat berfungsi secara optimal.

Bupati Cory Sebayang menegaskan perbaikan fasilitas dapat dilakukan secepatnya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pedagang dan pembeli di Pusat Pasar Kabanjahe.

Disisi lain, Cory Sebayang juga mengajak masyarakat dan para pedagang setempat untuk sama-sama menjaga lingkungan bersih, parit dan jalan di Pusat Pasar Kabanjahe bebas dari sampah.

Dirinya sangat berharap kerjasama para pedagang untuk memperbaiki jalan rusak. Menurutnya, perbaikan jalan dan drainase akan dilakukan Pemkab Karo melalui dinas terkait adalah untuk kepentingan masyarakat juga.

Namun Bupati menegaskan, percuma jalan dan parit pusat pasar diperbaik, jika tidak dibarengi dengan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam menjaga parit tidak tersumbat, atau pentingnya kesadaran membuang sampah di tempat penampungan yang telah disediakan oleh Pemkab Karo.

“Apalagi sekarang ini musim penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Diharapkan dengan adanya kesadaran masyarakat dapat meningkatkan kebersihan lingkungan, menjaga agar tidak ada tempat-tempat genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya sarang nyamuk. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari penyakit demam berdarah,” pesan Bupati Cory Sebayang. (R1)

Baca Juga:

  1. Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan, Bupati Karo Tinjau Pasar
  2. Tingkatkan Hasil Pertanian dan Peternakan, Bupati Karo Temui Dua Deputi dan Eks Menteri MS Kaban di Jakarta
  3. Bupati Cory Sebayang Sebut Harga dan Stok Sembako Terkendali Jelang Nataru di Kabupaten Karo

Komentar