Luncurkan Buku “Integritas Penyelenggara Pemilu”, DKPP RI Ingatkan Tegak Lurus Demokrasi

Nasional1287 x Dibaca

Banjarmasin, Karosatuklik.com – Ketua DKPP Heddy Lugito membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penyelenggara Pemilu Wilayah III di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (6/12/2023). Rapat Koordinasi ini berlangsung mulai Selasa 5-7 Desember 2023.

Menurut Heddy, Pemilu 2024 dapat melahirkan pemimpin yang membawa Indonesia maju jika Pemilu 2024 berlangsung dengan baik dan demokratis.

Salah satu kunci dari pelaksanaan Pemilu yang demokratis, kata Heddy, adalah diselenggarakan oleh orang-orang yang berintegritas.

Ia berpendapat, penyelenggara Pemilu harus memiliki integritas dan kemandirian sehingga tidak dapat diintervensi oleh pihak lain.

“Mari kita jaga integritas kita di level tertinggi, saya ulangi di level tertinggi,” tegas Heddy kepada 215 penyelenggara Pemilu yang menjadi peserta Rakorda.

Sebagai informasi, dalam pembukaan Rakorda ini sekaligus peluncuran buku berjudul “Integritas Penyelenggara Pemilu” karya Heddy Lugito.

Saat jumpa pers, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito di dampingi Sekretaris DKPP David Yama, mengatakan, rakor ini bertujuan untuk menyamakan visi dan spirit seluruh penyelenggara Pemilu dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Karena penyelenggara Pemilu harus tegak lurus pada Demokrasi, peraturan perundang-undangan, etika penyelenggara pemilu, itu yang menjadi tujuan utama,” tegasnya.

Menurutnya, Pemilu 2024 buka pesta Demokrasi yang biasa, karena sangat strategis menetukan arah perjalanan bangsa ini.

“Mulai dari presiden dan wakil, kepala daerah dan wakil rakyat akan berganti, maka Pemilu 2024 sangat strategis, saya harap tidak ada perbedaan visi sampai pemilu berakhir oleh penyelenggara pemilu ini,” jelasnya.

Pembukaan dihadiri Anggota DKPP M. Tio Aliansyah, Sekretaris DKPP David Yama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalsel H. Nurul Fajar Desira, Ketua KPU Provinsi Kalsel Andi Tenri Sompa, Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Aries Mardiono, Direktur Reskrimus Polda Kalsel Kombes. Pol. Erick Frendiz, dan Kasi Ops Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf. Rony Fitrianto.

Rapat Koordinasi Wilayah III ini dihadiri oleh 215 penyelenggara pemilu tingkat kabupaten/kota dari sembilan provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, dan Maluku Utara. (Foto: Dok. DKPP). (R1)

Komentar