Masih Ingat Kasus Pembunuhan Kopi Sianida? Tragedi Kejam Itu Resmi Dijadikan Film Dokumenter Netflix

Nasional1398 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Netflix akan mengabadikan kasus kopi sianida yang dilancarkan oleh sosok Jessica Kumala Wongso dalam sebuah film serial dokumenter.

Kasus pembunuhan terhadap rekan Jessica Wongso, Wayan Mirna Salihin alias Mirna yang bermula pada tahun 2016 itu kini kembali hidup dan rencananya akan mewarnai layar kaca dekat-dekat ini.

Sontak, kasus kopi sianida kembali muncul ke permukaan setelah setengah dekade tenggelam di tengah kasus hukum lainnya. Lantas, bagaimana fakta selengkapnya terkait dokumenter tersebut?

Bakal rilis bulan September

Netflix mengumumkan bahwa dokumenter berjudul Ice Cold: Murder and Jessica Wongso bisa disaksikan di bulan September 2023 ini.

“Wuiih, sejauh mata memandang kayaknya bulan September banyak yang seru. Dari semua judul di atas, paling nungguin yang mana nih,” kata akun Instagram Netflix, dikutip Selasa (29/8/2023).

Angkat perjalanan kasus pembunuhan Mirna Salihin

Dokumenter tersebut akan mengupas tuntas perjalanan kasus terhadap Mirna. Adapun Mirna tewas diracun pada 6 Januari 2016 saat menikmati secangkir kopi di Olivier Café, Grand Indonesia.

Detik-detik pembunuhan yang diotaki oleh Jessica tersebut lalu dikemas menjadi serial beruntun sehingga publik bisa melihat bagaimana ia melakukan aksi sadis.

Kronologi kematian Mirna

Mirna dalam momen kematiannya tengah mengadakan reuni dengan Jessica Kumala Wongso, Hani Boon Juwita di Olivier Café. Mirna kala itu meminum secangkir es kopi Vietnam yang menjadi minuman terakhirnya.

Seusai menikmati kopi tersebut, Mirna mengeluhkan bahwa kopi tersebut terasa aneh seperti kunyit. Kejanggalan seputar kopi tersebut tak berhenti di situ, sebab Mirna jatuh sakit, tubuhnya kaku, mulutnya mengeluarkan busa, kejang-kejang, dengan mata setengah tertutup.

Mirna segera dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo namun sayang ia tak dapat terselamatkan.

Dokumenter turut soroti proses forensik

Mengamati dari teaser dokumenter yang dirilis, serial Netflix tersebut juga turut mengangkat soal proses kajian forensik yang dilakukan oleh kepolisian. Adapun polisi sempat meneliti kopi yang diminum oleh Mirna.

Polisi menemukan 15 gram racun sianida di sampel kopi yang didapatkan dari tempat kejadian perkara atau TKP. Sebagai gambaran, 90 miligram sianida bisa menyebabkan kematian pada orang dengan berat badan 60 kilogram.

Nasib akhir Jessica Wongso

Berdasarkan temuan polisi, hakim akhirnya dituntut 20 tahun penjara atas tindak pidana pembunuhan yang diatur dalam Pasal 340 KUHP. Majelis hakim menyebutkan bahwa Jessica diyakini terbukti bersalah meracuni Mirna dengan menaruh racun sianida dengan kadar 5 gram.

Jessica juga berupaya menutupi aksinya dengan cara meletakkan 3 kantong kertas di meja nomor 54. (Kontributor: Armand Ilham/suara.com)

Komentar