oleh

Medan Kembali Sandang Status Zona Merah Corona

Medan, Karosatuklik.com – Kota Medan akhirnya kembali ditetapkan sebagai daerah risiko tinggi (zona merah) .

Di waktu yang sama, Kabupaten yang sebelumnya menyandang sebagai satu-satunya daerah di dengan zona merah, kini statusnya diturunkan menjadi zona orange.

Informasi yang diperoleh, Selasa (8/6/2021) penetapan status zonasi risiko Covid-19 tersebut dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah perbatasan 6 Juni 2021 yang diperbaharui secara mingguan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui laman covid19.go.id/peta-risiko.

Sebagaimana diketahui, peta zonasi risiko daerah ini dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat baik berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Zona Orange 19 Kabupaten/Kota di Sumut

Dalam data yang diperbaharui kali ini, untuk zona orange terdapat 19 Kabupaten/Kota termasuk di dalamnya Kabupaten Dairi, Tanjungbalai, Tebingtinggi, , Samosir, Deliserdang, Tobasa, Sibolga, Sergai, Batubara, Gunung Sitoli, Tapsel, Karo, Simalungun, Binjai, Padangsidimpuan, Labura, Taput dan .

Zona Kuning

Sedangkan untuk zona kuning, disebutkan ada 10 Kabupaten/Kota, yakni Tapteng, Nias, Paluta, Labusel, Padang Lawas, Labuhanbatu, Madina, , dan Pematangsiantar.

Zona Hijau

Terakhir zona hijau, masih bertahan Kabupaten Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Update Covid-19 Kota Medan

Terpisah, berdasarkan update data yang dilakukan Dinas Provinsi Sumut pada Senin (7/6/2021) total akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Medan kini berjumlah 16.688 orang usai bertambah 33 kasus baru. Dari jumlah itu, 15.256 diantaranya sembuh usai bertambah 17 orang dan 523 lainnya meninggal dunia. (R1)

Komentar