Menkominfo Sebut Investasi Microsoft Rp 28 Triliun Salah Satunya untuk Smart City IKN

Nasional1747 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan investasi Microsoft di Indonesia sekitar US$ 1,7 miliar (hampir Rp 28 triliun), salah satunya untuk smart city, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menkominfo menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara untuk menemui CEO Microsoft Satya Nadella, Selasa (30/4/2024).

“Angkanya sudah dirilis, Microsoft berkomitmen berinvestasi sebesar US$ 1,7 miliar, itu kalau pakai kalkulator, saya hitung nilainya hampir Rp 28 triliun untuk mengembangkan AI (artificial intellegence) dan cloud di Indonesia,” tutur Budi Arie Setiadi di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Budi menyebut investasi Microsoft untuk membangun AI, dan cloud di Bali, termasuk di IKN untuk jangka waktu 4 tahun. Investasi Microsoft untuk mempercepat pengembangan smart city di IKN.

“Indonesia diperhitungkan dalam ekosistem digital global. Pak Presiden juga sampaikan Indonesia siap membantu mana kala ada hal-hal yang perlu di-support oleh pemerintah terhadap investasi Microsoft di Indonesia terutama dari pusat riset khusus AI Indonesia,” kata Budi.

Budi menambahkan Microsoft berencana mencetak 840.000 digital talent khusus AI di Tanah Air.

Sementara Kemenkominfo memiliki program digital talent scholarship yang relevan sehingga nantinya setiap tahun diestimasikan dapat melatih skill 210.000 anak-anak muda untuk menguasai teknologi AI. (BeritaSatu)

Komentar